Berita Palembang

Libur Panjang Imlek 2023, Arus Penumpang Tertinggi Sepanjang Januari 2023 di Bandara SM II Palembang

Libur panjang Imlek 2023, jumlah penumpang pesawat di Bandara SMB II meningkat tajam menjelang Tahun Baru Imlek 2574 hingga 24 ribuan penumpang.

TRIBUN SUMSEL/ARIEF BASUKI ROHEKAN
Libur panjang Imlek 2023, jumlah penumpang pesawat di Bandara SMB II meningkat tajam menjelang Tahun Baru Imlek 2574 hingga 24 ribuan penumpang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Libur panjang Imlek 2023, PT Angkasa Pura 2 Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang mencatat jumlah penumpang pesawat di Bandara SMB II meningkat tajam menjelang Tahun Baru Imlek 2574.

Executive General Manager (EGM) Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang R Iwan Winaya Mahdar mengatakan, pergerakan penumpang mulai meningkat pada H-4 Imlek sudah diatas 7 ribu penumpang dan puncaknya mencapai 9 ribu orang pada H-2.

"Jumlah pergerakan penumpang di Bandara SMB II Palembang sejak 18 Januari hingga 20 Januari sebanyak 24 ribuan penumpang," kata Iwan, Sabtu (21/1/2023).

Iwan memaparkan, dari pergerakan penumpang tersebut, untuk pergerakan Aircraft movement periode Januari dari 18-20 Januari, rata-rata diatas 50 pesawat, dengan 58 pergerakan pesawat pada 20 Januari.

"Jumlah pergerakan pesawat dan penumpang pada 20 Januari, merupakan tertinggi sepanjang tahun 2023," paparnya.

Dijelaskan Iwan, untuk jumlah penumpang ataupun yang pergi dari Bandara SMB II Palembang itu, relatif hampir sama 50:50.

Baca juga: 5 Jam Tempuh Perjalanan Air, Sahabat Pedalaman Bantu Sembako Warga Perairan Banyuasin

Menurutnya, mayoritas tujuan penerbangan penumpang selama periode perayaan Imlek tersebut
didominasi keberangkatan domestik atau dalam negeri. Mengingat saat ini Bandara SMB II belum melayani penerbangan luar negeri.

Umumnya tujuan dan asal penerbangan penumpang tersebut dari atau Bandara Soekarno-Hatta, Batam maupun Tanjung Pinang.

"Kita tidak tahu secara pasti apakah penumpang itu untuk merayakan imlek, namun karena libur panjang bisa saja dimanfaatkan warga untuk berlibur juga," tandasnya.

Lebih lanjut Iwan memprediksi, akhir puncak liburan Imlek tahun ini, diprediksi akan kembali terjadi pada 23-24 Januari mendatang.

"Kita prediksi pergerakan penumpang bisa 8 ribu hingga 9 ribuan penumpang juga. Hal itu dipengaruhi dengan ditetapkannya hari Senin (23/1) mendatang sebagai hari libur cuti bersama, " paparnya.

Disisi lain, arus penumpang dan keberangkatan pada 21 Januari terkesan melandai, dibanding sebelumnya yang sempat mengalami kenaikan.

"Sebenarnya Jumat kemarin pergerakan penumpang di Bandara SMB II mengalami peningkatan, kalau hari ini sudah melandai kemalbalu," terangnya.

Dilanjutkan Iwan, saat ini aturan bagi masyarakat yang ingin berpergian dengan pesawat masih aturan lama dan wajib sudah vaksinasi.

"Masih yang lama aturannya, belum ada Surat Edaran (SE) yang baru, jadi masih seperti biasa, " tukasnya.

Ditempat terpisah GM GA Garuda Indonesia Cabang Palembang Meisye Paulina Tambunan, jika puncak libur Imlek yang menggunakan Garuda Indonesia terjadi pada 20 Januari lalu.

"Kalau ke Palembang in out masih seperti biasa aja, puncaknya kemarin Jumat, " pungkasnya.

Baca berita lainnya langsung dari google news

Silakan gabung di Grup WA TribunSumsel

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved