Berita Palembang

Wajah Klenteng Dewi Kwan Im Palembang Jelang Imlek dan Cap Go Meh 2023

Persiapan Imlek dan Cap Go Meh 2023 di Klenteng Candra Nadi Soei Goeat Kiong (Dewi Kwan Im) Palembang

TRIBUNSUMSEL.COM/WIDYA
Pekerja sedang melakukan pembersihan dan pemasangan Lampion di lingkungan kelenteng Dewi Kwan Im Palembang, Selasa (17/1/2023). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kelenteng Candra Nadi Soei Goeat Kiong (Dewi Kwan Im) Palembang mulai mempersiapkan  perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2023.

Dalam menyemarakkan Imlek dan Cap Go Meh 2023 direncakan akan dipasang 500 lampion di kawasan Klenteng Dewi Kwan Im Palembang.

Pantauan Tribunsumsel.com tampak terlihat seorang pekerja sedang melakukan pekerjaan pembersihan dan pemasangan lampion  di lingkungan klenteng Dewi Kwan Im  Palembang, Selasa (17/1/2023).

Panitia Imlek dan Cap Go Meh Klenteng Dewi Kwan Im PalembangCik Harun mengatakan, sekarang ini lagi persiapan menuju perayaan ibadah yang di mulai hari Minggu tadi.

"Persiapannya biasa saja yakni membersihkan altar, pakaian dewa dewi kotor kita bersihkan dan di pakaikan baju baru. Kita bisa bersihkan pakaian dewa dewi hanya satu tahun sekali," katanya kepada tribunsumsel.com.

Masih dikatakan, Cik Harun menyebutkan di kelenteng ini nantinya akan dipasang 500 lampion yang biasanya 1.000 lampion untuk menyemarakan perayaan Imlek.

Karena lampion itu telah lama tak digunakan, jadi ada yang rusak karena berapa tahun tidak semarakkan.

"Intinya kita hanya sembahyang. Kalau dekor itu hanya menyemarakan saja, karena perayaannya di malam hari, jadi kita pasangkan 500 lampion agar terang saja," kata panitia Imlek dan Cap Go Meh.

Meski demikian, Cik Harun menyebutkan bukan semaraknya di fokuskan tapi ibadahnya. Sementara, Cap go meh itu rangkaian penutup perayaan imlek.

"Seperti kalau agama islam itu setelah lebaran ada halal bihalal, nah kami itu namanya Cap Go Meh yaitu bulan purnama keluar di tahun itu, Cap Go Meh hari ke 15 tahun itu," ucap Cik Harun.

Baca juga: Polisi Kembali Tetapkan 4 Tersangka Pengeroyokan Mahasiswa UIN Palembang, Jadi 7 Orang

Cik Harun menuturkan nanti pemimpin untuk ibadah perayaan Imlek dirinya tidak tau, siapa yang di tua kan hadir di sana maka ialah pemimpinnya.

"Sembahyang daru menginformasikan kepada dewa dewi kalau ini telah masuk tahun baru, minta tahun depan bisa sehat dan doa terbaik untuk bangsa dan pribadi," harapan Cik Harun kepada dewa dewi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved