Pileg 2024

Tiga Partai Ini Hanya Miliki 1 Kursi di DPRD Muratara, Target Mereka di Pileg 2024?

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) hanya memiliki satu kursi di DPRD Muratara

TRIBUNSUMSEL.COM/RAHMAT
Kantor DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) di Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Rupit. 

Laporan Wartawan TribunSumsel.com, Rahmat Aizullah 


TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Dari sebelas partai politik (parpol) yang duduk di DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), ada tiga parpol hanya memiliki satu kursi. 

Ketiga parpol tersebut yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Mereka masing-masing hanya memiliki perwakilan seorang wakil rakyat di antara 25 anggota dewan Kabupaten Muratara periode 2019-2024.

Lantas bagaimana target mereka pada pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2024 mendatang, semuanya menegaskan harus menambah kursi. 

Ketua DPC PKB Kabupaten Muratara, Akisropi Ayub mengatakan partainya menargetkan minimal terisi satu kursi setiap daerah pemilihan (dapil).

"Sekarang kita cuma ada satu kursi, yaitu di dapil Kecamatan Rupit - Karang Dapo. Di 2024 target kita setiap dapil ada kursi, kita sekarang sudah solid, sudah bangkit," katanya. 

Ketua DPC PPP Kabupaten Muratara, Muhammad Hadi mengatakan target partainya di Pileg 2024 adalah menambah kursi dari yang ada saat ini. 

Partai berlambang ka'bah itu kini hanya memiliki satu kursi di DPRD Muratara, yaitu Muhammad Hadi sendiri dari dapil Kecamatan Rawas Ulu - Ulu Rawas. 

"Target kita ya tentu menambah kursi dari yang ada saat ini. Kita kurang kuat berjuang sendirian, kadang-kadang mau keras, kadang-kadang gimana," katanya. 

Menurut Hadi, menjadi anggota DPRD sendirian dari PPP memang masih bisa memperjuangkan keinginan masyarakat, tetapi terkadang tidak bisa 'bersuara keras'.

Pada Pileg 2024, dia akan berjuang semaksimal mungkin agar anggota legislatif dari PPP di DPRD Kabupaten Muratara bisa bertambah. 

"Yang jelas kita perjuangkan bagaimana caranya kita menambah kursi. Semoga masa militan PPP balik lagi. Harapan kita ayo balik ke rumah besar ummat Islam," ajaknya.

Baca juga: Pemilu 2024: Almatiin Tyara Dika, Keponakan Wagub Maju Bacaleg Gerindra Pileg 2024 Ogan Ilir

Ketua DPD PAN Kabupaten Muratara, I Wayan Kocap mengatakan target partainya di Pileg 2024 bisa meraih minimal satu kursi setiap dapil. 

Partai berlambang matahari itu kini hanya memiliki satu kursi di DPRD Muratara, yaitu I Wayan Kocap sendiri dari dapil Kecamatan Rawas Ilir - Nibung. 

Mereka akan berjuang agar bisa kembali menduduki kursi pimpinan DPRD Muratara seperti periode sebelumnya.

"Periode sebelumnya PAN menduduki kursi wakil ketua, kami dapat tiga kursi, namun Pileg 2019 kami hanya dapat satu kursi. Target kita di 2024 minimal satu kursi setiap dapil, itu bukan suatu yang mustahil," katanya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved