Berita Muratara

Jadwal dan Tahapan Tes Seleksi Panwascam 2022, Bila Ada Penyimpangan Segera Laporkan

Jadwal dan Tahapan Tes Seleksi Panwascam 2022, Ketua Bawaslu Sumsel, Yenli Elmanoferi meminta masyarakat melapor Bila mengetahui Ada Penyimpangan

DOKUMEN PRIBADI
Ketua Bawaslu Sumsel, Yenli Elmanoferi menyampaikan Jadwal dan Tahapan Tes Seleksi Panwascam 2022 

Laporan Wartawan TribunSumsel.com, Rahmat Aizullah 


TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Jadwal dan tahapan tes seleksi panwascam 2022.

Ketua Bawaslu Sumsel, Yenli Elmanoferi menyampaikan pendaftaran Panwascam 2022 di Muratara saat ini masih dalam masa perpanjangan khusus untuk Kecamatan Rawas Ilir dan Ulu Rawas hingga 8 Oktober besok. 

Setelah itu nanti ada tahapan penelitian berkas administrasi pendaftar yang dijadwalkan dari 9-11 Oktober dan pengumuman hasil penelitian pemberkasan pada 12 Oktober.

Sebelum tes tertulis, Bawaslu Muratara menyediakan ruang kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan dan masukan terhadap para pendaftar Panwascam yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi.

"Tanggapan dan masukan dari masyarakat dari tanggal 12-18 Oktober. Setelah itu tes tertulis pada tanggal 14-16 Oktober, dan diumumkan pada 17 Oktober," kata Yenli.

Setelah tes tertulis, pendaftar Panwascam akan mengikuti tes wawancara yang dilaksanakan pada 18-22 Oktober 2022. 

Bawaslu Muratara kemudian mengadakan pleno penetapan calon anggota Panwascam, lalu hasil tes wawancara diumumkan pada 25 Oktober 2022. 

"Untuk pelantikannya tanggal 26-28 Oktober. Semoga dari seleksi ini nantinya menghasilkan pengawas yang jujur, disiplin dan bertanggungjawab," harap Yenli.

Yenli  mengingatkan Masyarakat di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) diminta tak diam saja bila menemukan penyimpangan dalam proses pendaftaran Panwascam Pemilu 2024.

"Jika menemukan penyimpangan pada proses pendaftaran Panwaslu kecamatan segera laporkan ke Bawaslu," kata Ketua Bawaslu Sumsel, Yenli Elmanoferi. 

 

Dia mengatakan, bila masyarakat Muratara menemukan penyimpangan, cara melaporkannya bisa mendatangi langsung kantor Bawaslu setempat. 

Jangan lupa, pelapor harus membawa bukti-bukti pendukung saat menyampaikan pengaduan tersebut.

"Termasuk di kabupaten/kota lainnya, laporkan ke Bawaslu kabupaten/kota sesuai domisili, bisa juga melapor ke Bawaslu Sumsel," ujar Yenli. 

Baca juga: Contoh Soal CAT Panwascam Pemilu 2024 dan Kunci Jawaban, Beserta LINK Download PDF

Baca juga: Pemilu 2024 : Berapa Lama Masa Kerja Panwascam? Berikut Daftar Gaji Panwascam yang Diterima

Dia mengungkapkan, macam-macam penyimpangan bisa saja terjadi dalam proses pendaftaran Panwascam, seperti pungutan biaya, dan pemberian dari calon peserta.

Yenli mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengawal proses pendaftaran Panwascam agar tetap mengedepankan prinsip akuntabilitas dan integritas. 

"Pungutan biaya atas alasan apapun tidak dibenarkan, karena pendaftar Panwascam ini gratis. Kemudian pemberian dalam bentuk apapun dari calon peserta juga tidak dibenarkan," katanya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved