Breaking News:

Ketua DPC Demokrat Depok Sebut Orang yang Hadir di KLB Dipakaikan Baju Partai, Padahal Tak Dikenal

Ketua DPC Demokrat Depok Sebut Orang yang Hadir di KLB Dipakaikan Baju Partai, Padahal Tak Dikenal

Kompas TV
Suasana Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (5/3/2021). Moeldoko terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNSUMSEL.COM, PANCORAN MAS – Sejumlah masalah hadir dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang digelar di Hotel The Hill Sibolangit, Deliserdang.

Pada KLB tersebut, Moeldoko terpilih menjadi Ketua Umum Partai Demokrat versi KLB di Medan.

Menanggapi kabar tersebut, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Depok, Edi Sitorus, mengungkapkan pihaknya tidak mengakui adanya KLB tersebut.

“Pertama bingung juga, sebetulnya kami, saya dari Ketua DPC itu tidak mengaku sebetulnya ada KLB. Karena proses KLB itu ada ketentuan yang diatur dalam anggaran dasar rumah tangga hasil keputusan kongres pada bulan maret 2020, yaitu kongres ke-5 di Jakarta,” kata Edi dikonfirmasi wartawan, Jumat (5/3/2021).

Edi menjelaskan,pelaksanaan KLB harus memenuhi sejumlah syarat yang di antaranya harus ada permintaan dari dewan pertimbangan, kemudian usulan dari 2/3 jumlah DPD.

“Bicara KLB itu kan harus ada pertama permintaan dari dewan pertimbangan, kedua harus ada usulan dari dua per tiga jumlah DPD, ketua provinsi, 50 persen plus 1 jumlah DPC, Kota  dan Kabupaten se Indonesia, nah ini tidak dilakukan,” tuturnya.

Baca juga: AHY Sebut Moeldoko Tidak Bersikap Ksatria, Jauh dari Moral dan Etika Politik

Baca juga: Terpilih Jadi Ketum, Moeldoko Disebut Bisa Bawa Demokrat Dapat Jatah Menteri di Kabinet Jokowi

Baca juga: AHY Minta Bantuan Jokowi dan Yasonna Laoly Untuk Tak Mengesahkan KLB Partai Demokrat di Medan

Bahkan, dari informasi yang diterima, Edi menyebut orang yang hadir dalam KLB tersebut tidak jelas identitasnya.

“Dari informasi yang ada, yang hadir di Medan itu adalah orang-orang atau siapa yang kami tidak tahu dipakaikan baju Demokrat, seolah-olah mereka adalah sebagai utusan masing masing provinsi, dan menyebut rapat mereka adalah KLB, kan gitu nih sekarang, nah ini yang tidak jelas,” tegasnya.

“Maka apapun yang dilakukan, dari informasi yang ada bahwa ada KLB, sebetulnya itu tidak berlaku, itu rapat biasa yang dilakukan sekelompok orang, termasuk kader yang sudah dipecat, seperti  Jhoni Allen, Marzuki Alie, kan sudah dipecat kemarin,” timpalnya.

Menurut Edi, para Kader ini juga telah menerima pemecatannya.

“Kalau dia mengatakan masih merasa pengurus, harusnya kan dia melakukan gugatan untuk menganulir pemecatannya. Ini kan enggak, dia sudah menerima, maka dia bukan kader,” imbuhnya.

“Dia buat rapat dan mengundang dari berbagai daerah yang tidak jelas, dasar hukumnya apa, aturannya bagaimana, tiba-tiba dia rapat di Medan, nah sekarang tersiar informasi mereka bikin KLB dan menjadikan pak Moeldoko Ketua, nah ini yang bikin kita bingung,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Kisruh KLB Demokrat, Ketua DPC Depok Sebut Orang yang Hadir Dipakaikan Baju Partai.

Editor: Slamet Teguh
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved