Breaking News:

Berita Muratara

Gugatan Syarif-Surian Ditolak MK, Tim Pemenangan Devi-Inayatullah Sontak Teriak Allahuakbar

Permohonan gugatan sengketa Pilkada Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) tahun 2020 ditolak Mahkamah Konstitusi (MK).

TRIBUNSUMSEL.COM/RAHMAT
Masyarakat dan tim pemenangan Devi-Inayatullah mengadakan nonton bareng sidang agenda pengucapan putusan di depan posko induk di Desa Lawang Agung, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, Rabu (17/2/2021) sore. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Permohonan gugatan sengketa Pilkada Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) tahun 2020 ditolak Mahkamah Konstitusi (MK).

Keputusan itu dibacakan Hakim Mahkamah Konstitusi, Aswanto dalam sidang agenda pengucapan putusan, Rabu (17/2/2021) sore. 

Dalil gugatan pasangan Syarif Hidayat dan Surian Sofyan terhadap kemenangan pasangan Devi Suhartoni dan Inayatullah, dianggap tidak beralasan menurut hukum. 

Putusan itu diambil setelah Mahkamah mendengar dan membaca secara saksama jawaban bantahan termohon, keterangan Bawaslu dan pihak terkait, serta memeriksa bukti yang diajukan. 

"Mahkamah berpendapat dalil pemohon a quo adalah tidak beralasan menurut hukum," kata Hakim Aswanto. 

Dijelaskan, pemohon tidak memiliki kedudukan hukum untuk mengajukan permohonan karena tidak memenuhi ketentuan Pasal 158 ayat (2) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016.

Baca juga: Peluang Gugatan ke MK 4 Pilkada di Sumsel, Dr Febrian: 3 Daerah Buang Energi dan Modal Saja

Mengingat pasal tersebut merupakan syarat formil dalam mengajukan permohonan perselisihan hasil Pilkada di Mahkamah Konstitusi.

Mahkamah juga berpendapat terhadap permohonan a quo tidak terdapat alasan untuk menyimpangi ketentuan Pasal 158 ayat (2) UU 10/2016 tersebut. 

"Oleh karena itu tidak ada relevansinya untuk meneruskan permohonan a quo pada persidangan dengan agenda pemeriksaan lanjutan," tegas Aswanto.

Dalam pertimbangan putusan itu, MK menimbang jumlah perbedaan suara antara pemohon (Syarif-Surian) dengan calon peraih suara terbanyak (Devi-Inayatullah). 

Halaman
12
Penulis: Rahmat Aizullah
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved