Breaking News:

Berita Muara Enim

Besok Selasa 9 Februari Listrik di Muara Enim Padam, Ini Wilayah Terkena Dampak Pemadaman

Listrik di Muara Enim sering padam. Manajemen PLN Muara Enim menyebut ada sejumlah faktor yang menyebabkan listrik sering padam.

tribunsumsel.com/khoiril
Besok, 9 Februari 2021, PLN Muara Enim akan memadamkan listrik di sebagian wilayah di Muara Enim. Gambar ilustrasi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM - Listrik di Muara Enim sering padam. Manajemen PLN Muara Enim menyebut ada sejumlah faktor yang menyebabkan listrik sering padam.

Di antaranya dua faktor yaitu gangguan Hewan dan cuaca ekstrim menjadi salah satu faktor gangguan yang paling banyak terjadi di area PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Muaraenim.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Manager PLN ULP Muaraenim Budi Setiawan saat dihubungi Tribunsumsel.com, Senin (8/2/2020).

"Faktor gangguan yang paling sering petugas kami temukan kalau di Muaraenim itu adalah gangguan hewan yang tersengat listrik dan cuaca ekstrim dimana kerap terjadi pohon tumbang,"katanya.

Dikatakan Budi,kalau dari gangguan hewan yang paling sering ditemukan adalah gangguan Tupai,Burung dan Monyet yang tersengat listrik.

"Hal ini dikarenakan aliran listriknya melintasi kawasan perkebunan warga, nah dimusim buah seperti saat ini tidak menutup kemungkinan membuat hewan seperti tupai,monyet dan burung banyak sekali dipepohonan terutama yang berbuah dan disaat pohon itu dilintasi aliran listrik dan hewan-hewan tadi tersengat, kalau tahun 2020 kemaren itu banyak sekali yang kami temukan,"katanya.

Dijelaskan olehnya selain itu faktor cuaca ekstrim juga menjadi salah satu faktor penyebab gangguan PLN.

"Paling banyak adalah pohon roboh,dan pohon tersebut mengenai jalur listrik kita, maka untuk melakukan perbaikannya mau tidak mau listriknya harus kita padamkan terlebih dahulu,mengingat kita juga harus memberikan pelindungan kepada petugas kita yang melakukan perbaikan apalagi di tengah situasi sedang hujan atau habis hujan,"katanya.

Dijelaskannya pihaknya juga terpaksa akan melakukan pemadaman dibeberapa gardu induk jika akan dilakukan perbaikan atau kegiatan pemeliharaan.

Ini Arti Tanjak Palembang, Bukan Tanah Dipijak, Cara Penggunaan yang Benar Secara Budaya

Pilkada 2020 Usai, KPU Muratara Hibahkan 500-an Thermogun

"Dan waktu maksimal untuk perbaikan itu estimasinya paling lama 8 -9 jam, sesuai kebutuhan pekerjaannya,tapi tidak menutup kemungkinan terkadang bisa lebih,sesuai dengan kebutuhan pekerjaan, tapi jika sudah selesai terkadang tidak sampai 8-9 jam lampunya sudah kita nyalakan,"katany.

Ditambahkannya besok, Selasa (9/2/2021) dan Sabtu (13/2/2021) mereka akan melakukan beberapa pekerjaan sehingga terpaksa akan melakukan pemadaman dibeberapa wilayah melalui gardu induk bukit asam untuk wilayah PTBA,Talang Jawa,Karantina,dan Dusun Tanjung.

"Kalau untuk hari Sabtu daerah yang akan terkena dampak pemadaman itu adalah mulai dari Tanjung Raja, Karang Raja, Enim III,Enim 2, Jalan SMB II,Rumah Tumbuh,Trans unit 6,7,dan 8,Pelita Sari,Tungkal,Dusun Muarenim,Kompi A pokoknya nyaris sebagian kota Muaraenim,dan estimasi waktunya dari pukul 08.00 -16.00 Wib,"pungkasnya.

Ikuti Kami di Google Klik

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved