Satgas Klaim Karhutla Terus Turun Jumlahnya Setiap Tahun Berkat Langkah yang Diterapkan Ini

Upaya lainnya yakni merestorasi lahan yang terbakar menjadi lahan pertanian produktif, seperti padi yang ditanam di lahan rawa.

Satgas Klaim Karhutla Terus Turun Jumlahnya Setiap Tahun Berkat Langkah yang Diterapkan Ini
Istimewa
Kapolda Sumsel meninjau kebakaran di Ogan Ilir 

Laporan Wartawan TribunSumsel.com, Agung Dwipayana

TRIBUNSUMSEL.COM, INDRALAYA - Tim Supervisi dan Asistensi Asops Polri yang dipimpin Irjen Pol M Iriawan meninjau satgas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Terpadu Mandiri (KTM) Rambutan, Kecamatan PemulutanK Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (15/8/2017).

Dijelaskan, tujuan kunjungan ini untuk melihat kesiapan tim satgas yang terdiri dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI dan Polri.

Pada kesempatan tersebut, Irjen Pol M Iriawan mendengarkan paparan dari Dandim 0402 OKI-OI, Letkol Inf Seprianizar, S.Sos.

Dijelaskan Dandim, beberapa langkah penanggulangan karhutla mulai dari pencegahan hingga pemadaman api telah dilakukan seluruh anggota tim satgas.

"Kami sudah sosialiasi pada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Kami juga sudah sampaikan berkali-kali konsekuensi dan sanksi yang akan diterima jika masyarakat melanggar," ujar Dandim saat memberikan paparan pada tim Supervisi dan Asistensi Asops Polri.

Selain sosialisasi, upaya penanggulangan karhutla di lapangan, seperti pembuatan sekat kanal untuk menjaga kelembaban lahan supaya tidak mudah terbakar.

Upaya lainnya yakni merestorasi lahan yang terbakar menjadi lahan pertanian produktif, seperti padi yang ditanam di lahan rawa.

"Lahan bekas terbakar kita manfaatkan untuk ditanami padi yang kita campur bios. Sehingga padi yang ditanam di lahan tersebut sangat produktif dan hasil panennya terus meningkat, bisa panen tiga hingga empat kali dalam setahun," papar Dandim.

Tim Supervisi dan Asistensi Asops Polri yang dipimpin Irjen Pol M Iriawan meninjau satgas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Terpadu Mandiri (KTM) Rambutan, Kecamatan PemulutanK Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (15/8/2017).
Tim Supervisi dan Asistensi Asops Polri yang dipimpin Irjen Pol M Iriawan meninjau satgas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Terpadu Mandiri (KTM) Rambutan, Kecamatan PemulutanK Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (15/8/2017). (TribunSumsel.com/Agung Dwipayana)

Namun ketika lahan terlanjur terbakar, lanjutnya, tim satgas bahu-membahu memadamkan api dengan segala peralatan yang dimiliki.

Halaman
1234
Penulis: Agung Dwipayana
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved