Berita Kabupaten OKU Timur

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Enos : Butir- Butir Pancasila Diamalkan Dalam Kehidupan

Dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Enos mengajak mengamalkan butir- butir pancasila didalam kehidupan sehari-hari.

Penulis: Edo Pramadi | Editor: Sri Hidayatun
edo pramadi/tribunsumsel.com
Bupati OKU Timur Lanosin (Enos) saat tabur bunga di di Taman Makam Pahlawan Juray komering, Martapura, Kabupaten OKU Timur, Sabtu (1/10/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM,MARTAPURA -Bupati OKU Timur Lanosin (Enos) bertindak selaku inspektur upacara (irup) sekaligus membacakan teks Pancasila pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke 57 bertepatan tanggal 1 Oktober 2022.

Upacara tersebut berlangsung khidmat di Taman Makam Pahlawan Juray komering, Martapura, Kabupaten OKU Timur, Sabtu (1/10/2022). 

Dalam agenda kali ini, Bupati beserta rombongan juga melakukan tabur bunga di makam pahlawan tersebut.

Peringatan hari kesaktian pancasila tahun ini mengusung tema "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila". 

Tampak turut hadir Wakil Bupati OKU Timur M. Adi Nugraha Purna Yudha, Kapolres OKU Timur, Danyon Armed, Danpuslatpur, dan Kepala OPD.

Peserta upacara terdiri dari anggota TNI Polri serta Siswa pelajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di OKU Timur.

Bupati Enos pada kesempatan ini mengingatkan kembali bahwa Indonesia merupakan bangsa yang besar.

"Kita harus paham bahwa Pancasila itu selain sebagai ideologi negara kita, juga sebagai falsafah dan pandangan hidup kita," katanya.

Baca juga: Balap Motor Trail Berlangsung Seru, Bupati Enos Tutup Kejuaraan Grass Track Bintang 9 Championship

Sebagai ideologi dan sebagai cita-cita, lanjut dia, hendakla Pancasila direalisasikan secara kongkrit dan nyata sebagai falsafah. 

"Perlu diresapi dan dihayati butir-butir Pancasila serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari'', jelasnya.

Menurutnya, tanpa diamalkan dengan baik maka kelima sila tersebut tidak berarti apa-apa dan cita-cita masyarakat Pancasila yang bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan lahir bathin tidak akan tercapai. 

''Sekali lagi kami tekankan masyarakat khususnya anak anak pelajar ini perlunya menghayati dan meresapi serta mengamalkan Pancasila secara lengkap dan utuh", tutupnya.

Baca berita lainnya langsung dari google news
 
 
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved