Breaking News:

Vonis Terdakwa Masjid Sriwijaya

Divonis 12 Tahun Penjara, Eddy Hermanto dan Syarifuddin Langsung Banding

Majelis hakim Pengadilan Tipikor Palembang menjatuhkan vonis 12 tahun penjara terhadap dua terdakwa korupsi Masjid Sriwijaya.

TRIBUN SUMSEL/SHINTA DWI ANGGRAINI
Sidang vonis dengan agenda pembacaan putusan terhadap empat terdakwa kasus dugaan korupsi pembangunan Masjid Raya Sriwijaya Jakabaring Palembang, Jumat (19/11/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Majelis hakim pengadilan Tipikor Palembang menjatuhkan vonis 12 tahun penjara terhadap dua terdakwa kasus dugaan korupsi pembangunan Masjid Raya Sriwijaya Jakabaring Palembang, Jumat (19/11/2021).

Kedua terdakwa, Eddy Hermanto dan Syarifuddin kompak langsung mengajukan banding atas vonis yang dijatuhkan terhadap mereka.

Meski vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan JPU yang pada sidang sebelumnya menuntut para terdakwa dengan masing-masing hukuman 19 tahun penjara.

"Saya berterima kasih banyak dan memohon maaf atas kesalahan saya jika melakukan kesalahan selama persidangan. Akan tetapi, terkait vonis dari majelis hakim, secara langsung saat ini saya sampaikan akan mengajukan banding," ucap terdakwa Eddy Hermanto secara virtual sebagai terlihat dari balik layar monitor di ruang sidang.

Dalam persidangan, majelis hakim menyatakan kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi.

Untuk itu kedua terdakwa masing-masing divonis hukuman 12 tahun penjara serta denda Rp.500 juta subsider 4 bulan.

Mereka juga dijatuhkan hukuman tambahan uang pengganti.

Terdakwa Eddy Hermanto diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp.218 juta yang apabila tidak sanggup membayar maka harta bendanya akan disita.

"Dan jika harta benda yang disita tidak mencukupi, maka terdakwa Eddy Hermanto wajib menggantinya dengan hukuman 2 tahun penjara," ucapnya.

Sedangkan untuk terdakwa Syarifudin diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp 1,6 miliar.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved