Breaking News:

Berita Palembang

90 Persen Bangunan Lama, KemenkumHAM Sumsel Minta Lapas dan Rutan Waspada Kebakaran

Kasubag Humas Kemenkumham Sumsel, Hamsir mengakui, 90 persen bangunan Lapas dan Rutan di wilayah Sumsel merupakan bangunan lama. 

Penulis: Shinta Dwi Anggraini | Editor: Yohanes Tri Nugroho
Humas Lapas Klas 1 Banyuasin
Petugas Lapas Klas 1 Banyuasin ketika melakukan pengecekan warga binaan dan juga instalasi listrik yang ada di dalam kamar sel, Jumat (10/9/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) wilayah Sumsel meminta setiap petugas lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) untuk meningkatkan kewaspadaan. 

Hal ini menyusul terjadinya kebakaran yang menewaskan puluhan tahanan di  Lapas Klas I Tangerang Banten. 

"Kemarin pak Kakanwil (Sumsel) secara daring sudah menyampaikan kepada seluruh UPT untuk menjaga keamanan lingkungan lapas dan rutan termasuk dari kebakaran," ujar Kasubag Humas Kemenkumham Sumsel, Hamsir, Jumat (10/9/2021). 

Hamsir mengakui, 90 persen bangunan Lapas dan Rutan di wilayah Sumsel merupakan bangunan lama. 

Untuk itu pihaknya selalu mengingatkan kepada UPT terkait untuk menjaga supaya hal-hal buruk tidak terjadi termasuk korsleting listrik karena sangat berisiko memicu kebakaran. 

Meski demikian, dia tak menampik adanya keterbatasan fasilitas seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di setiap Lapas dan Rutan. 

Keterbatasan anggaran disebut menjadi penyebab kondisi tersebut. 

"APAR memang tersedia di setiap lapas dan rutan, tapi jumlahnya terbatas. Paling satu APAR untuk satu blok panjang. Tapi kalau untuk masing-masing kamar tahanan, saat ini fasilitasnya belum mendukung," ucapnya. 

Disisi lain, over kapasitas juga masih menjadi persoalan serius yang harus dihadapi setiap lapas dan rutan. 

Data menunjukkan, seluruh lapas dan rutan di wilayah Sumsel kecuali Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Palembang mengalami over kapasitas bahkan ada yang mencapai lebih dari 200 persen. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved