Breaking News:

Arti Kata

Mengenal Apa Itu Mudik, Istilah yang Hanya Terdapat di Indonesia dan Populer Menjelang Idul Fitri

Istilah Mudik sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia, namun apa arti mudik sebenarnya? istilah ini selalu dilakukan saat perayaan hari besar.

Tribun Sumsel
Mengenal Apa Itu Mudik 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Mengenal Apa Itu Mudik, Istilah yang Hanya Terdapat di Indonesia dan Populer Menjelang Idul Fitri.

Istilah "Mudik" sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia karena selalu dilakukan pada saat perayaan hari besar maupun libur nasional.

Namun, saat ini, kegiatan mudik telah dilarang oleh pemerintah untuk menekan laju persebaran Covid-19 di tanah air.

Baca juga: Perantau Pilih Percepat Mudik Supaya Bisa Lebaran dengan Orang Tua

Baca juga: Mudik Dilarang, Buka Bersama dan Open House saat Lebaran Juga Dilarang Pemerintah

Baca juga: Yuk Pahami Ini Bedanya Mudik dan Perjalanan Pulang ke Kampung Halaman

Pemerintah memberlakukan kebijakan larangan mudik 2021 selama 6-17 Mei. Selain itu, pemerintah juga memperketat syarat bepergian atau pengetatan sebelum dan sesudah larangan mudik Lebaran 2021.

Larangan mudik Lebaran berlaku untuk seluruh moda transportasi baik darat, udara, laut, maupun kereta api. Lalu berlalu untuk semua lintas perjalanan antar kabupaten/kota, antar provinsi, maupun antara negara.

Lalu apa arti mudik sebenarnya?

Defenisi Mudik

Secara etimologis, Mudik berasal dari kata "Udik" yang artinya selatan/hulu, dan desa; dusun; kampung.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia baik Daring maupun Cetak memiliki arti serupa, yakni berlayar, pergi ke udik (hulu sungai, pedalaman) dan pulang ke kampung halaman.

Dikutip dari Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021, dan berbagai sumber lainnya, mudik merupakan kegiatan perjalanan pulang ke kampung halaman selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah.

Terlepas dari pengertiannya secara formal, istilah mudik juga diketahui berasal dari sebuah singkatan bahasa Jawa, yakni Mulih Dilik yang berarti pulang sebentar.

Baca juga: Apa itu Arti Ngabuburit Ramadan? Ini Asal Usul Serta Waktu yang Tepat Melakukannya

Baca juga: Apa Itu PPKM Mikro? Ini Artinya, Sekarang Dilaksanakan di 20 Provinsi di Indonesia Termasuk Sumsel

Baca juga: Apa Itu Catcalling? Sering Dialami Oleh Kaum Hawa, Dampaknya Bisa Membuat Trauma

Istilah ini sangat populer penggunaannya di tanah air.

Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan seperti menjelang Lebaran.

Sebenarnya, "Mudik" tidak ada kaitannya dengan hari raya Idul Fitri, namun mengingat Idul Fitri merupakan hari besar, banyak para perantau dan pekerja yang memanfaatkan hari lebaran untuk melakukan kembali ke kampung halaman (Mudik).

Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua.

Penulis: Novaldi Hibaturrahman
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved