Breaking News:

Berita Palembang

Perantau Pilih Percepat Mudik Supaya Bisa Lebaran dengan Orang Tua

Tadinya mau mudik sekeluarga sama suami dan anak, karena ada larangan mudik jadinya baru bisa mudik sama anak.

TRIBUN SUMSEL/LINDA TRISNAWATI
Sejumlah perantau mempercepat mudik sebelum mudik dilarang ingin berlebaran Idul Fitri 1442 H bersama orangtua. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pemerintah resmi memberlakukan larangan mudik dari tanggal 6-17 Mei 2021. Adanya larangan mudik tersebut tentunya membuat masyarakat mempercepat jadwal mudik.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Oktaria (29) warga Palembang yang tinggal di Baturaja, sebenarnya mau mudik H-3. Tapi karena adanya larangan mudik mulai tanggal 6 Mei jadinya mudik hari ini.

"Saya memilih mudik hari ini karena pertimbangannya besok sudah nggak boleh mudik. Apalagi kalau naik kereta tiket yang dijual sebelum lebaran tinggal hari ini," kata Oktaria yang lebih memilih mudik naik kereta api, Rabu (5/5/2021).

Lebih lanjut ia menceritakan, bahwa niatnya untuk mudik lebaran tahun ini uda lama direncanakan. Tetapi karena kondisi masih pandemi seperti tahun lalu, yang tahun lalu aja uda nggak pulang ke Palembang.

"Jadi lebaran tahun ini uda kebelet pengen banget mudik dan pokoknya harus mudik. Tadinya mau mudik sekeluarga sama suami dan anak, karena ada larangan mudik jadinya baru bisa mudik sama anak," ungkapnya.

Baca juga: Lapas Narkotika Banyuasin Over Kapasitas, Tiap Bulan Penghuni Selalu Bertambah

Baca juga: H-1 Larangan Mudik Lebaran Idul Fitri 1442 H, Load Factor Penerbangan Nyaris 100 Persen

Oktaria melanjutkan ceritanya, bahwa suaminya belum bisa mudik lantaran masih bekerja. Untuk itulah ia mudik hanya berdua dengan anaknya. Ia pun merasa was-was apakah nantinya suaminya bakal bisa mudik atau nggak. Kalau nggak bisa mudik ya terpaksa lebaran nggak bareng suami.

Sementara itu Dwi yang juga mempercepat mudik mengatakan, bahwa ia dari Palembang mau ke Musi Banyuasin (Muba). Karena ada larangan mudik mulai besok, jadi pilihan pulang hari ini naik travel.

"Sebenarnya saya mau pulang H-2 sebelum lebaran. Cuma karena ada larangan mudik ini jadinya dipercepat, daripada nanti nggak bisa mudik nggak bisa berlebaran dengan orang tua, jadi lebih baik mudik hari ini," kata Dwi.

Sementara itu Nisa, warga Palembang yang tinggal di Lubuklinggau mengatakan, bahwa ia ingin sekali mudik ke Palembang. Namun apa mau dikata masih kerja.

"Lihat situasi nanti mbk, pengennya bisa pulang ke rumah dan berelebaran bareng orang tua. Cuma kalau memang penjagaannya ketat dan nggak boleh mudik di dekat-dekat hari lebaran ya apa mau dikata, terpaksa lebaran di rantauan," katanya.

Ikuti Kami di Google Klik

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved