Breaking News:

Vaklingdor Polres OKI Sambangi Lansia di Sekitar Kayuagung, Vaksinasi Hingga Target Tercapai

olres Ogan Komering Ilir yang berlangsung di Kelurahan Sukadana, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Selasa (4/5/2021) pagi.

WINANDO
Vaksin keliling door to door (Vaklingdor) dijalankan Personil Polres Ogan Komering Ilir yang berlangsung di Kelurahan Sukadana, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Selasa (4/5/2021) pagi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG -- Guna mempercepat pelaksanaan vaksinasi populasi lanjut usia (Lansia), Vaksin keliling door to door (Vaklingdor) dijalankan Personil Polres Ogan Komering Ilir yang berlangsung di Kelurahan Sukadana, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Selasa (4/5/2021) pagi.

Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan OKI, lansia yang sebelumnya telah dilakukan pendataan akan dijemput dan disambangi langsung ke rumahnya.

Kapolres OKI, AKBP Alamsyah Pelupessy saat memantau jalannya proses jemput bola vaksinasi terhadap lansia menuturkan untuk sementara ini akan didahulukan yang ada di sekitar kecamatan Kota Kayuagung.

"Kita dahulukan yang di sekitar Kayuagung. Untuk saat ini kami utamakan lansia purnawirawan sebanyak 63 orang, dimana mereka ada yang asli Kayuagung dan Pedamaran," ujarnya saat diwawancarai awak media.

Program Vaklingdor ini, dikatakan Alamsyah merupakan bagian dari pada sifat responsif aparat pengayom masyarakat serta tenaga kesehatan terhadap para lansia.

"Mungkin karena kondisi lansia, baik dari segi fisik itu sendiri sehingga tidak sempat hadir ke tempat vaksinasi. Maka solusinya kita jemput bola," katanya.

Alamsyah menambahkan, selain mempermudah mobilitas lansia program ini juga membantu petugas mengetahui langsung kondisi para lansia.

"Waktu itu kan lansia yang datang, saat ini kita yang mendatangi lansia. Manfaat lainnya supaya kita bisa tau juga bagaimana kondisi rumahnya, atau bagaimana keluarganya," pungkasnya.

Nantinya, program ini akan terus berjalan hingga target pemerintah mengenai jumlah warga lansia yang divaksin dapat tercapai.

"Insya Allah akan ke kecamatan lainnya. Pokoknya sampai target semua lansia yang ada di kota kayuagung, termasuk seluruh di kabupaten OKI selesai divaksin,"

"Termasuk juga nanti kegiatan vaksin kedua," jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Persatuan Purnawirawan Polri Kabupaten OKI, Sukirman menyatakan vaksinasi merupakan anjuran dari pemerintah maka harus dilaksanakan.

"Alhamdulillah dalam pelaksanaannya tidak muncul reaksi apapun. Dengan program ini juga kita tidak perlu susah-susah datang jauh ke pusat vaksinasi," tandasnya.

Penulis: Winando Davinchi
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved