Varian Baru Corona B117 di Palembang

Varian Baru Corona B117 Terdeteksi Masuk Palembang, Pasien Dinyatakan Sembuh, Ini Gejalanya

Setelah menjalani isolasi mandiri dan swab untuk kedua kalinya yang bersangkutan telah dinyatakan sembuh dan telah beraktivitas kembali seperti biasa

Editor: Wawan Perdana
Kompas.com
Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, terdeteksi temuan B117 di empat provinsi di Indonesia yakni Sumsel, Sumut, Kalsel dan Kaltim. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Varian Baru Virus Corona B117 terdeteksi telah masuk Palembang.

Pasien dengan varian baru asal Inggris ini dinyatakan positif Covid-19 pada 29 Desember 2020 lalu.

Setelah menjalani isolasi mandiri dan swab untuk kedua kalinya yang bersangkutan telah dinyatakan sembuh dan telah beraktivitas kembali seperti biasa.

Satuan gugus tugas Covid-19 Provinsi Sumsel, melalui Kepala Seksi Imunisasi dan Surveilans Dinkes Sumsel, Yusri, Senin (8/3/2021) menjelaskan, kasus ini sudah lama namun hasil investigasi dari pusat baru keluar.

"Yang bersangkutan saat ini sehat-sehat saja. Gejalanya kemarin juga ringan," katanya, Senin (8/3/2021).

Dijelaskannya, Dinkes Sumsel telah menerima laporan dari Kementerian Kesehatan bahwa ada satu orang asal Palembang yang dinyatakan terpapar kasus baru mutasi virus corona B117.

Maka dari itu, si pasien yang terpapar mutasi baru virus corona ini akan di swab kembali dan di tracking siapa yang melakukan kontak erat dengannya.

Baca juga: Varian Baru Virus Corona B-117 Dari Inggris Masuk Indonesia, Kenali Gejala dan Penularannya

Tes swab yang dilakukan terhadap si pasien, diakui Yusri untuk melihat ulang kondisi si penderita dan mengecek berapa lama corona varian baru ini bertahan di tubuh seseorang.

Sebab, virus corona B117 ini diklaim lebih lama bertahan dibandingkan Covid-19.

"Si penderita sudah kita kontak, besokakan di swab beserta orang kontak erat. Kita ingin periksa spesimennya," tegas Yusri.

Menurut Yusri, dilihat dari jejak rekam si pasien sebelum terpapar varian baru virus corona yang bersangkutan tidak melakukan perjalanan keluar ataupun menunjukkan keanehan lainnya.

Pasien ini setelah diperiksa dinyatakan sama seperti penderita Covid-19 lainnya.

Bahkan, pada saat dinyatakan positif si pasien ini hanya menunjukkan gejala ringan dan disuruh melakukan isolasi mandiri. Setelah menjalani swab yang kedua kali, pasien ini dinyatakan sembuh.

"Nah dia ini tidak ada perjalanan keluar, kemarin itu terpapar dari keluarganya. Gejalanya pun sama seperti pasien Covid lain," ungkap Yusri.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved