Breaking News:

Berita Palembang

182.700 Dosis Vaksin Covid-19 Bio Farma Tiba di Palembang, Prioritas Pelayanan Publik dan Lansia

Sebanyak 18.270 vial atau 182.700 dosis vaksin produksi PT Bio Farma tiba di Gudang Vaksin yang ada di Sekip, Rabu (24/2/2021).

TRIBUN SUMSEL/LINDA TRISNAWATI
Sebanyak 182.700 dosis vaksin Covid-19 Produk PT Bio Farma Sampai di Palembang, Rabu (24/2/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sebanyak 18.270 vial atau 182.700 dosis vaksin produksi PT Bio Farma tiba di Gudang Vaksin yang ada di Sekip, Rabu (24/2/2021).

"Vaksin ini diperuntukkan untuk Nakes yang belum divaksin, dan Petugas Pelayan Publik serta Lansia," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Lesty Nurainy, Rabu (24/2/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan, alokasi vaksin untuk sasaran Pelayan Publik Provinsi Sumsel diterima dari pusat secara bertahap. Tahap 1 tiba di Palembang tanggal 24 Februari 2021 sebanyak 18.270 vial, merek Vaccine Covid-19 berbahan sama dengan vaksin sinovac dan dikemas oleh biofarma. Kemasan 1 vial untuk 10 dosis atau 5 orang dengan 2 dosis penyuntikan.

"Jumlah sasaran vaksinasi bagi Pelayanan Publik di Provinsi Sumsel sebanyak 1.159.481 orang. Sedangkan untuk sasaran lansia masih dalam proses pendataan," katanya.

Menurutnya, pelaksanaan vaksin akan dilaksanakan secara bertahap dengan mempertimbangkan ketersedian vaksin di daerah dan suplay dari pusat. 

Baca juga: Update Terkini Covid 19 di Kabupaten Empat Lawang, Ada 2 Kasus Baru, Total 95 Kasus

Baca juga: Akbar Alfaro Ditunjuk Jadi Ketua Umum Komite Parekraf Sumsel, Ini Program Kerjanya

Lalu untuk pelaksanaan vaksinasi dengan sasaran OPD Provinsi dan Instansi Vertikal, BUMN, BUMD yang berada di Kota Palembang akan dikoordinasikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi, sedangkan yang berada di luar Kota Palembang akan dikordinasikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat.

"Pemberian Vaksinasi untuk Lansia, Tahap awal hanya diberikan di Ibu kota Negara dan Ibukota Provinsi. Untuk Sumsel yaitu Kota Palembang. Sedangkan untuk Kabupaten/Kota lain menyusul sesuai kebijakan pusat," katanya.

Lesty mengatakan, RSUD. Siti Fatimah akan ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi OPD Provinsi, BUMD, sedangkan RSMH Palembang untuk Vaksinasi Instansi Vertikal, BUMN yang berada di Kota Palembang.

Untuk yang berlokasi di Luar Kota Palembang disesuaikan dengan wilayah Kabupaten/Kota tempat Instansi, OPD, BUMN dan BUMD berdomisili.

Khusus TNI dan POLRI tempat Vaksinasi akan dilaksanakan oleh Fasyankes Instansinya dan Fasyankes yang ada di Kabupaten/Kota.

Untuk percepatan pelaksanaan Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota akan menentukan tempat pelayanan Vaksinasi beserta jadwal bagi OPD Provinsi, BUMN, BUMD dan Instansi Vertikal Pusat dan sasaran pelayan publik lainnya.

Ikuti Kami di Google Klik

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved