Breaking News:

Penanganan Corona

Anggarkan Rp 479 Miliar, Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri di Rumah Dapat Bantuan Rp 1,4 Juta

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah akan diberi bantuan Rp 1,4 juta

Dok BNPB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah akan diberi bantuan Rp 1,4 juta 

TRIBUNSUMSEL.COM, JAKARTA-Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah akan diberi bantuan Rp 1,4 juta.

Menurut Budi, bantuan tersebut sebagian besar untuk pembelian obat-obatan.

Secara keseluruhan, pemerintah menganggarkan Rp 479 miliar untuk pasien Covid-19 yang isolasi mandiri.

Anggaran tersebut dialokasikan untuk pembelian obat-obatan dan vitamin bagi 273.662 orang pasien isolasi mandiri di rumah.

Sedangkan untuk anggaran isolasi terpusat (rumah sakit dll) sebesar Rp 5 triliun.

Budi dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Jakarta, Selasa (9/2/2021) menjelaskan, pasien yang dinyatakan positif Covid-19 dengan gejala ringan, akan diminta isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Jumlah pasien isoman ini didapat dari penerapan hitungan WHO dengan jumlah kasus positif di Indonesia. WHO menyatakan, dari satu juta kasus positif, 80 persen hanya butuh dirawat di rumah.

Kondisi Terkini Ali Ngabalin Usai Dikabarkan Positif Covid-19: Allahu Akbar, Tuhan Maha Dahsyat

Sementara, 20 persen sisanya butuh dirawat di rumah sakit.

Atas dasar aturan WHO tersebut, Kemenkes kemudian menghitung berapa banyak anggaran yang diperlukan untuk isolasi mandiri.

Sesuai dengan protokol Kemenkes, pasien yang dinyatakan positif Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala, akan diminta isoman di rumah.

Halaman
123
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved