Breaking News:

Program Pemutihan di Sumsel : Kendaraan Mati Pajak Lima Tahun Cukup Bayar Pokok Pajak Satu Tahun

Wajib pajak hanya membayar pokok pajak selama satu tahun tertunggak dan tahun berjalan tanpa bunga serta denda selama periode penunggakan pajak

Penulis: Agung Dwipayana | Editor: Wawan Perdana
Tribun Sumsel/ Agung Dwipayana
Antrean wajib pajak di Sumsel, Kamis (1/10/2020). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Mulai hari ini Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) resmi memberlakukan Peraturan Gubernur Nomor 44 Tahun 2020 tentang penghapusan sanksi administrasi denda dan pokok pajak yang menunggak lebih dari satu tahun.

Dengan kebijakan ini, wajib pajak (WP) hanya membayar pokok pajak selama satu tahun tertunggak dan tahun berjalan tanpa bunga serta denda selama periode penunggakan pajak.

"Misalnya WP menunggak pajak selama lima tahun, dia cukup bayar pokok pajak yang satu tahun tertunggak dan tahun berjalan."

"Sedangkan pokok pajak yang empat tahun dibebaskan plus bunga dan denda pajak selama lima tahun itu," papar Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumsel, Neng Muhaiba kepada TribunSumsel.com, Kamis (1/10/2020).

Sosok Federik Hansen Sagala, Operator yang Tertimbun Longsor di Muara Enim

"Jadi ini tidak berlaku bagi WP yang tunggakan pajaknya hanya satu tahun. Sebab, WP tetap harus membayar pajaknya yang tertunggak," kata Neng menambahkan.

Ia melanjutkan, Pergub Nomor 44 ini merupakan perubahan dari Pergub Nomor 30 Tahun 2020 tentang penghapusan denda dan bunga pajak kendaraan bermotor (PKB) yang diberlakukan mulai 1 Agustus hingga 30 September lalu.

"Jadi kalau dua bulan lalu denda dan bunga PKB yang dihapuskan, mulai 1 Oktober denda pokoknya juga," jelas Muhaiba.

Bapenda Sumsel mencatat, sejak pemberlakuan Pergub Nomor 40 Tahun 2020, selama Agustus tercatat ada 72.925 unit kendaraan yang melunasi PKB dan pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB) II dengan penerimaan sebesar Rp 80,3 miliar.

Sementara pada September, tercatat 48.728 unit kendaraan yang melunasi PKB dan BBN-KB II dengan penerimaan sebesar Rp 60,2 miliar.

Update 1 Oktober : Bertambah 21 Kasus Positif Corona di Muba, Ini Sebarannya

Pada Oktober ini, dengan program pemutihan pokok, bunga dan denda pajak ini, Bapenda Sumsel menargetkan penerimaan Rp 1,6 triliun.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved