Breaking News:

PSBB Palembang

Palembang Masuk Zona Oranye di Akhir PSBB Tahap 2, Prof Yuwono : PSBB Tidak Perlu Diperpanjang

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumatera Selatan Prof Yuwono mengatakan, wajar saja kalau Palembang masuk zona oranye

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Wawan Perdana
Tribun Sumsel/ M Ardiansyah
Seorang pengemudi mobil yang kedapatan tidak mengenakan masker dan diberikan sanksi untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya saat permberlakukan PSBB di Palembang, Selasa (26/5/2020). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Kasus positif Covid-19 masih terus bertambah, namun Walikota Palembang Harnojoyo menyatakan bahwa saat ini Palembang masuk zona oranye.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumatera Selatan Prof Yuwono mengatakan, wajar saja kalau Palembang menyatakan saat ini masuk zona oranye.

"Kalau zona merah berarti transmisinya tinggi, kalau oranye berarti sedang, kuning transmisinya rendah dan hijau tidak ada transmisi lokal," katanya saat dikonfirmasi Tribunsumsel.com, Selasa (16/6/2020).

Sepengamatannya, pertambahan kasus baru di bulan Juni ini rata-rata 25-30 orang. Lalu untuk Rt di range antara 1,6-1,9 an.

Saat Ini Dirlantas Polda Sumsel Kurangi Penilangan, Ini Pelanggaran Tidak Bisa Ditoleransi

"Artinya memang masih perlu pembatasan transisi seperti kumpul-kumpul dan lainnya."

"Untuk risiko penularan yang tinggi itu seperti di bar, cafe, diskotik dan lain-lain. Maka tempat ini harus dievaluasi lagi," ujarnya.

Sedangkan kalau di masjid risikonya sedang. Jadi tidak apa-apa asal yang hadir yang sehat tidak masalah.

Lalu bagaimana PSBB? Menurut Yuwono, tidak perlu di perpanjang asal fokus saja pada program untuk memutuskan mata rantai atau mengerem penyebarannya.

Sebab untuk tracking sudah bagus, testing sudah bagus dan treatment juga sudah bagus.

Sementara itu Pengamat Kebijakan Publik Dr. MH. Thamrin MSi mengatakan, bahwa diperlukan PSBB transisi untuk mempersiapkan menuju new normal life atau kebiasaan adaptasi baru.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved