Karhutla 2019

Gubernur Sumsel Ikut Padamkan Api Kebakaran Lahan di Tulung Selapan OKI

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru terjun ke lokasi kebakaran lahan di Desa Penyandingan Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI

Gubernur Sumsel Ikut Padamkan Api Kebakaran Lahan di Tulung Selapan OKI
Tribun Sumsel/ Winando Davinchi
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru terjun ke lokasi kebakaran lahan di Desa Penyandingan Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG-Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru terjun ke lokasi kebakaran lahan di Desa Penyandingan Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Gubernur bersama Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli Bahuri serta Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan ikut memadamkan api, Kamis (19/9/2019).

Mereka bertandang ke lokasi kebakaran dengan menggunakan helikopter.

Tiba di Lapangan Segitiga Emas Kayuagung, rombongan melanjutkan perjalanan ke lokasi kebakaran.

"Kita akan langsung melihat dan juga ikut memadamkan kebakaran di pantai timur OKI, semoga saja karhutlah segera teratasi," pungkas Herman Deru.

Sementara itu Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Irawan turut menambahkan upaya penanggulang karhutbunlah ini harus terus ditingkatkan.

Bupati Musirawas Ancam Usir Perusahaan Tak Peduli Kebakaran Lahan Perkebunan

"Dari informasi yang kami terima, justru makin hari jumlah hotspotnya kian bertambah, bahkan baru-baru ini ISPU di Palembang mencapai 147 atau tidak sehat," tuturnya.

Irawan juga menegaskan bahwa semuanya harus tanggap dan berkolaborasi, terutama untuk pimpinan daerah supaya jangan meninggalkan daerahnya.

"Pimpinan daerah juga perlu turun langsung untuk membantu, misalnya menyemangati satgas yang sedang melakukan pemadaman dan pendinginan di tempat yang terbakar, seperti saat ini yang sedang terjadi dekat Kebun tebu PT DGS," tegasnya.

Dampak Kabut Asap, Dinas Pendidikan Sumsel Minta Jam Masuk Sekolah Mundur Jadi Pukul 09.00

Dilain kesempatan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli Bahuri seraya menyemangati para petugas di lapangan, Firli juga mengungkap bahwa kerja keras satgas dilapangan merupakan bagian dari bela negara.

"Meski berkawan dengan api namun kerja saudara-saudara sekalian adalah upaya bela negara, berjibaku memadamkan api agar kebakaran tidak meluas" ucapnya.

Sedangkan dilokasi kebakaran, Satuan Tugas Pengendalian Kebakaran Hutan, Kebun dan lahan (Dalkarhutbunlah) Kabupaten OKI terus melakukan pemadaman secara keroyokan, mengingat luas lahan yang terbakar ditambah gambut dalam yang menyulitkan pemadaman dilahan yang terbakar.

Penulis: Winando Davinchi
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved