Berita Muratara

Hanya 2 Mobil Damkar, Pemkab Muratara Tahun Depan Sediakan Damkar Setiap Kecamatan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara (Muratara) berencana akan menyediakan mobil pemadam kebakaran (Damkar) di setiap kecamatan

Hanya 2 Mobil Damkar, Pemkab Muratara Tahun Depan Sediakan Damkar Setiap Kecamatan
Tribun Sumsel/ Rahmat Aizullah
Mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara (Muratara) berencana akan menyediakan mobil pemadam kebakaran (Damkar) di setiap kecamatan.

Pasalnya, saat ini Pemkab Muratara hanya memiliki dua unit mobil Damkar yang dinilai sangat tidak seimbang dengan jumlah kecamatan maupun luas wilayah.

Pemkab Muratara telah menerima aspirasi dari masyarakatnya yang meminta adanya mobil Damkar di setiap kecamatan agar penanggulangan bencana kebakaran bisa cepat teratasi.

Permintaan masyarakat tersebut menyusul kejadian kebakaran 4 rumah warga di Kelurahan Bingin Teluk, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Muratara, Jumat (9/8/2019) lalu.

"Kami sudah memikirkan hal itu, mudah-mudahan tahun depan bisa kita anggarkan mobil Damkar di setiap kecamatan," kata Bupati Muratara, Syarif Hidayat, Senin (12/8/2019).

Ia menyadari, jarak antara ibukota kabupaten dengan beberapa kecamatan lainnya cukup berjauhan, bahkan jarak antara desa ke ibukota kecamatan saja sudah jauh.

(Video) Kebakaran di Muratara Diduga Akibat Gas Elpiji Bocor, Kerugian Capai Miliaran

"Masyarakat mengeluh mobil Damkar sering terlambat tiba di lokasi, sebelum mobil datang rumah sudah habis, kadang juga mobil datang api sudah padam," ujarnya.

Sementara, warga Bingin Teluk, Mustofa (65) mengatakan, Pemkab Muratara sudah seharusnya menambah jumlah armada Damkar minimal satu unit setiap kecamatan.

Mengingat, dengan kondisi saat ini Pemkab hanya memiliki dua unit mobil Damkar yang berada di ibukota Kecamatan Rupit sangat tidak memadai karena jarak antar kecamatan berjauh-jauhan.

"Seperti yang terjadi di Bingin Teluk kemarin, kalau seandainya ada mobil Damkar setiap kecamatan mungkin tidak sampai sebanyak itu rumah yang terbakar," kata dia.

4 Orang Nyaris Terpanggang di Kebakaran Muratara, Terbakar Saat Hendak Selamatkan diri dan Harta

Warga lainnya, Sidarman (63) menambahkan, akibat jauhnya akses mobil Damkar yang berada di ibukota Kecamatan Rupit, sehingga setiap kebakaran yang terjadi sulit diselamatkan.

Ia meminta Pemkab Muratara serius dalam menanggapi permasalahan ini, dengan segera menyediakan mobil Damkar minimal satu unit di setiap kecamatan.

"Karena jarak antar wilayah di daerah kita ini jauh. Jadi memang setiap kecamatan itu harus ada mobil Damkar, sehingga apabila ada kebakaran, bisa lebih cepat datang ke lokasi kejadian," katanya.

Penulis: Rahmat Aizullah
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved