Berita Muba

Ketua DPRD Muba Beberkan Alasan Ribuan Warga Muba Menambang Minyak Ilegal, Tak Rasakan CSR

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Ketua DPRD Musi Banyuasin Abusari mengungkap alasan mengapa puluhan ribu warga Muba menambang minyak ilegal

Ketua DPRD Muba Beberkan Alasan Ribuan Warga Muba Menambang Minyak Ilegal, Tak Rasakan CSR
Tribun Sumsel/ Hartati
Foto bersama kegiatan diskusi hulu migas dengan tema membagi hasil minyak dan gas bumi untuk daerah di Wyndham Hotel Palembang, Selasa (30/4/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Ketua DPRD Musi Banyuasin (Muba) Abusari mengungkap alasan mengapa puluhan ribu warga Muba menambang minyak ilegal (illegal drilling).

Abusari menyebut kehadiran perusahan minyak dan gas di Muba selama ini tidak memberikan manfaat langsung bagi warga sekitar.

Dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang seharusnya bermanfaat untuk warga di sekitar perusahaan juga tidak dirasakan warga.

Hanya ada momen khitanan saja yang biasa dilakukan sekali satu tahun dengan jumlah anak yang dikhitan beberapa orang saja.

Padahal dampak kerusakan lingkungan sangat besar.

Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman, Pertamina Bentuk Tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri

Dampak itu mulai dari jalan rusak, lingkungan rusak karena dibor, tidak adanya penyerapan tenaga kerja dan warga hanya menjadi penonton saja di desanya sendiri.

Belum lagi ratusan hektare sawah terbengkalai karena tercemar rembesan kimia dampak pengeboran minyak sehingga lahan pertanian tidak bisa kelola.

Hal ini tentu membuat warga tidak memiliki mata pencaharian lagi.

"Inilah alasan puluhan ribu warga membuka tambang ilegal sendiri karena tidak merasakan manfaatnya tapi justru jadi penonton dan jalan rusak parah."

"Ini terjadi di desa tempat tinggal saya sendiri," ujarnya di sela diskusi hulu migas dengan tema membagi hasil minyak dan gas bumi untuk daerah di Wyndham Hotel Palembang, Selasa (30/4/2019).

Godok Jargas Satu Harga, BPH Migas Siapkan Formulanya

Halaman
12
Penulis: Hartati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved