Pernah Maniak Rokok, Mantan Atlet Indonesia Ini Kini15 Tahun Bertahan dengan Satu Paru-paru

Pria berbadan atletis ini adalah atlet softball papan atas. Dia menjadi atlet yang mewakili Indonesia di berbagai turnamen

Pernah Maniak Rokok, Mantan Atlet Indonesia Ini Kini15 Tahun Bertahan dengan Satu Paru-paru
Tribun Sumsel/ Lisma
Albert Charles Shompie 

TRIBUNSUMSEL.COm, SINGAPURA-Di era tahun 80an, pria berbadan atletis ini adalah atlet softball papan atas. Dia menjadi salah satu atlet yang mewakili Indonesia di berbagai turnamen semisal SEA Games dll.

Dialah Albert Charles Shompie. Mngkin tak akan ada yang mengira bahwa pria dengan rambut yang sudah memutih ini pernah menderita dua jenis kanker sekaligus.

Albert Charles Sompie adalah seorang survivor kanker dan aktif tergabung dalam support group Yayasan Kanker Indonesia selama lebih dari 12 tahun.

Baca: Sriwijaya Corruption Watch Bawa Kasus Pungli di SMA Negeri 6 Palembang ke Gubernur Sumsel

Sifatnya yang ceria, penuh canda dan enerjik ini membuat siapa saja yang berada di sekitar Berthie, sapaan akrabnya, turut merasakan energi positif dan penuh semangat.

Tak terlihat bahwa ia pernah mengalami masa-masa pahit akibat kanker yang membuatnya kehilangan sebelah paru-paru dan juga ususnya.

Mantan kapten tim softball nasional tahun 1980-1990 ini pertama kali mengetahui dirinya terserang kanker paru-paru pada Desember 2005.

Baca: Virus Jembrana Hantui Pedagang Sapi Lubuklinggau, Pilih Kurangi Stok Dibandingkan Rugi

Kala itu, dokter yang mendiagnosanya menjelaskan bahwa ia menderita kanker paru-paru stadium 3B dan memiliki harapan hidup sekitar enam bulan saja.

Berthie yang saat itu berusia 47 tahun dan masih aktif bermain softball sempat memungkiri bahwa dirinya menderita kanker.

Ia masih terus bermain softball dan merokok –kebiasaan yang ia yakini menjadi penyebab kankernya muncul.

"Selama 30 tahun merokok, dari umur 17 tahun sampai umur 47 tahun dioperasi akibat kanker paru karena rokok," katanya kepada Tribun, saat bertemu di Kuala Lumpur beberapa waktu lalu.

Baca: Seperti KRL Jakarta, Hendri Zainuddin Minta LRT Palembang Ada Gerbong Khusus Wanita

Halaman
12
Penulis: Lisma
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved