Wagub Mawardi Yahya Hadiri Penetapan MA Gantada Sebagai Ketua DPRD Sumsel Definitif

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya (MY) menghadiri Rapat Paripurna LIV (54) DPRD Provinsi Sumsel agenda penetapan ketua DPRD definitif

Wagub Mawardi Yahya Hadiri Penetapan MA Gantada Sebagai Ketua DPRD Sumsel Definitif
Humas Pemprov Sumsel
Wagub Sumsel Mawardi Yahya (kanan) dan Ketua DPRD Sumsel MA Gantada 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya (MY) menghadiri Rapat Paripurna LIV (54) DPRD Provinsi Sumsel.

Agendanya penetapan Ketua definitif DPRD Provinsi Sumsel sisa masa jabatan 2014-2019, Senin (3/12/2018).

Rapat ini dipimpin langaung Plt Ketua DPRD Provinsi Sumsel M.Yansuri.

"Pada 30 November DPRD Sumsel telah menerima surat dari DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumsel nomor 758/EX/DPD.19-B/XI/2018 perihal penggantian Ketua DPRD Provinsi Sumsel."

"Menindaklanjuti surat tersebut DPRD menjadwalkan Rapat Pimpinan dengan pimpinan fraksi-fraksi DPRD Provinsi Sumsel dalam rangka membahas surat dari DPD PDI P," jelas Plt Ketua DPRD Sumsel.

Dijelaskannya berdasarkan hasil rapat pimpinan dengan pimpinan fraksi-fraksi DPRD Provinsi Sumsel disepakati untuk melakukan penambahan terhadap jadwal kegiatan pimpinan dan anggota DPRD Sumsel.

Dengan menambahkan jadwal rapat paripurna LIV (54) DPRD Provinsi Sumsel dengan agenda penetapan Ketua Definitif.

Berdasarkan peraturan tata tertib DPRD Provinsi Sumsel nomor 175 tahun 2018 pengganti pimpinan DPRD yang berhenti berasal dari partai politik yang sama dengan pimpinan DPRD yang berhenti.

Calon pengganti pimpinan DPRD yang berhenti diusulkan oleh pimpinan partai politik untuk diumumkan dalam rapat paripurna dan ditetapkan dengan keputusan DPRD.

"Kami sampaikan berdasarkan surat dari DPD PDI Perjuangan DPP PDI Perjuangan menetapkan bahwa saudara H MA Gantada SH MHum sebagai Ketua DPRD Provinsi Sumsel," jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Dewan Ramadhan S Basyeban menjelaskan, dengan disetujuinya rancangan keputusan DPRD Provinsi Sumsel tentang penetapan ketua DPRD Sumsel maka keputusan tersebut akan ditandatangani oleh pimpinan rapat di hadapan paripurna.

Penandatanganan keputusan itu dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sumsel disaksikan Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar dan peserta rapat paripurna.

Selanjutnya berdasarkan ketentuan Pasal 47 ayat (3) peraturan DPRD Provinsi Sumsel nomor 175 tahun 2018 tentang tata tertib DPRD Provinsi Sumsel,

Pimpinan DPRD Provinsi Sumsel mengusulkan peresmian pengangkatan sebagai calon pengganti pimpinan DPRD kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat.

Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved