Selama Satu Hari 76 Pekerja Pertamina Jadi Relawan Mengajar di 4 Sekolah Dasar Kota Palembang

Para relawan akan mengajar, mendokumentasikan seluruh kegiatan yang berlangsung secara serentak di 17 lokasi di Indonesia

Selama Satu Hari 76 Pekerja Pertamina Jadi Relawan Mengajar di 4 Sekolah Dasar Kota Palembang
Tribun Sumsel/ Arief Basuki Rohekan
Pekerja Pertamina terlibat dalam program Pertamina Energi Negeri dengan tema “Menyatukan Energi Mendukung Literasi, sebagai bentuk kontribusi langsung kepada masyarakat untuk berbagai pengetahuan khususnya membaca, menjelang Hari Literasi lnternasional 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG–Ribuan pekerja Pertamina kembali menyebarkan semangat positif bagi anak-anak sekolah dasar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selama satu hari, para pekerja meluangkan waktu untuk berpartisipasi dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan sebagai wujud konkrit keterlibatan pekerja dalam kegiatan sosial.

Pada tahun ini, sebanyak 76 relawan pekerja dari berbagai Unit Operasi dan anak perusahaan di Palembang akan mengajar di 4 sekolah dasar, antara lain di SD Negeri 230 Tegal Binangun, SD Negeri 236 Talang Putri, SD Negeri 92 Seberang Ulu II, dan SD Negeri 211 Kertapati.

Baca: Seorang Anak Kaget Tiba-tiba Televisi Ditontonnya Meledak, Satu Rumah di OKU Timur Terbakar

Kegiatan mengajar ini merupakan tahun ke- tiga yang dikemas melalui program Pertamina Energi Negeri (PEN), dengan melibatkan 1.435 pekerja dari Kantor Pusat Pertamina Jakarta, Unit Operasi dan Anak perusahaan dari berbagai tingkat jabatan.

Para relawan akan mengajar, mendokumentasikan seluruh kegiatan yang berlangsung secara serentak di 17 lokasi, yakni di Aceh, Medan, Dumai, Pekanbaru, Jambi, Prabumulih, Palembang, Jakarta, Balongan (Indramayu), Cilacap, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Tanjung, Makassar, Jayapura dan Kasim. Adapun total sekolah yang dijangkau sebanyak 63 Sekolah Dasar yang berda di sekitar wilayah Operasi Pertamina.

Baca: Selain Serda Rifki Ardiansyah, Ini Atlet dari Militer Berjuang Harumkan Indonesia di Asian Games

“Seluruh relawan ini merupakan pekerja kami yang mendaftarkan diri, meluangkan waktu mereka diluar aktivitas pekerjaan sehari-harinya untuk mengajar,” kata General Manager Refinery Unit III Plaju, Yosua I M Nababan, Senin (27/8/2018).

Menurutnya, Pertamina Energi Negeri tahun ini mengambil tema “Menyatukan Energi Mendukung Literasi, sebagai bentuk kontribusi langsung kepada masyarakat untuk berbagai pengetahuan khususnya membaca, menjelang Hari Literasi lnternasional.

Baca: Manisan Jambu Thailand, Camilan yang Kini sedang Digemari di Palembang

Para pengajar juga akan menanamkan nilai-nilai budi pekerti, dan materi lain yang disampaikan dengan cara menarik dan menyenangkan.

“Program-program tersebut merupakan bagian kampanye perusahaan, yang sangat bermanfaat untuk membangkitkan semangat kecintaan anak-anak pada Indonesia. Para pengajar juga akan menyampaikan tata nilai perusahaan yang bisa diterapkan secara universal sebagai topik pendidikan karakter sepeti kejujuran, berprestasi, percaya diri, berbagi, kreatif dan berpengetahuan, serta tidak lupa tentang energi di Indonesia,” papar Yosua.

Baca: Wabup Muba Beni Hernedi Sudah 4 Hari Tidak Balik ke Sekayu Demi Dukung Atlet Panjat Tebing Indonesia

Pertamina Energi Negeri merupakan kegiatan sukarela yang diinisiasi secara murni oleh pekerja-pekerja muda Pertamina yang tergabung dalam Culture Change Agent.

Mereka yang terlibat dalam kegiatan meliputi relawan pengajar, dokumentasi dan fasilitator tidak hanya meluangkan waktu satu hari untuk berkegiatan sosial, namun juga secara mandiri menyiapkan rencana kegiatan mengajar, perlengkapan dan biaya yang mungkin timbul dari kegiatan tersebut.

Baca: Niat dan Tata Cara Puasa Asyura Tanggal 20 September 2018 10 Muharram 1440 H

Pada kesempatan ini, Pertamina Region Sumbagsel juga memberikan bantuan berupa Ruang Literasi yang diberikan secara simbolis oleh GM RU III Plaju, Yosua I M Nababan didampingi oleh Pjs General Manager Marketing Operation Region II Sumbagsel, Jeffri Affandi.

“Ini adalah bentuk dukungan Pertamina khususnya di Palembang untuk mendukung literasi, semoga bantuan ini dapat bermanfaat besar bagi generasi muda bangsa ini,” jelas Yosua.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri 230, Ertini mengungkapkan apresiasinya atas kegiatan PEN ini.

“Kami sungguh berterima kasih atas kunjungan mengajar dan bantuan Ruang Literasi untuk sekolah kami, mengingat perpustakaan kami ini sudah dari tahun 80an. Semoga Ruang Literasi ini bisa menjadi kebanggaan dan manfaat bagi anak-anak kami dalam menggapai cita-citanya,” tutup Ertini.

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved