Berita Kabupaten OKU Timur

Gelar Seminar Anti Bullying, Ketua TP PKK OKU Timur Sosialisasikan Stop Perundungan di Sekolah

Kata Sheila setiap orang tua, guru dan masyarakat untuk mewaspadai tindak kekerasan fisik bullying/perundungan dalam sekolah.

Penulis: Edo Pramadi | Editor: Sri Hidayatun
Edo Pramadi/tribunsumsel.com
Seminar Anti Bullying yang dilaksanakan SD IT AT-Taqwa Gumawang, Desa Rantau Jaya, Kecamatan Belitang Madang Raya, Rabu (25/1/2023). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MARTAPURA-Ketua TP. PKK OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes menjadi narasumber di seminar pelatihan anti bullying yang dilaksanakan SD IT AT-Taqwa Gumawang, Desa Rantau Jaya, Kecamatan Belitang Madang Raya, Rabu (25/1/2023).

Ia menjelaskan, perundungan/bullying adalah perilaku yang tidak menyenangkan baik secara verbal maupun fisik, ataupun sosial di dunia nyata maupun dunia maya yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan baik dilakukan perseorangan maupun kelompok.

Sheila yang juga Bunda Literasi OKU Timur dalam materi yang disampaikannya di seminar mengatakan, bahwa setiap orang tua, guru dan masyarakat untuk mewaspadai tindak kekerasan fisik bullying/perundungan dalam sekolah.

"Orang tua adalah orang pihak pertama yang tegas dan mengawasi anaknya yang terkena bullying untuk melaporkan kepada guru yang terkait," ujar Sheila.

Baca juga: Dukung GSMP, Ketua TP PKK OKU Timur Ajak Masyarakat Ubah Pola Pikir dari Konsumen Jadi Produsen

Baca juga: Peduli Korban Kebakaran di Cempaka, Ketua TP PKK OKU Timur Beri Bantuan

Dilanjutkannya, perlu adanya sosialisasi ekosistem anti bullying/perundungan, anak yang melakukan harus kena sangsi yang maksimal dari guru agar menjadi efek jera.

Melindungi diri sendiri dengan mengikuti beladiri dan berani melapor kepada guru untuk menghindari keributan.

Sementara itu, Ketua Yayasan SD IT AT-Taqwa H. Ibtoni Ibrahim mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bunda Literasi.

“Di tengah kesibukan beliau, masih menyempatkan untuk berbagi ilmu dengan anak didik dan kita semua disini. Semoga dalam menyampaikan seminar tentang anti bullying dapat bermanfaat untuk kita semua,” tutupnya.

SD IT-AT Gumawang ini terdiri dari 16 ruang belajar yaitu kelas 1 sampai kelas 4, ruangan belajar A,B dan C sedangkan kelas 5 dan kelas 6 ada ruangan belajar A dan B.

Fasilitasnya ada ruangan perpustakaan dan pojok baca serta setrakulikuler dalam pendidikan keterampilan ada kreasi robotik untuk para siswa.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved