Breaking News:

Berita Nasional

Sesuai Umur Atau Dipenjara sampai Mati? Penjelasan Tuntutan Hukuman Penjara Seumur Hidup Ferdy Sambo

Sesuai Umur Atau Dipenjara sampai Mati? Penjelasan Tuntutan Hukuman Penjara Seumur Hidup Ferdy Sambo

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Thalia Amanda Putri

TRIBUNSUMSEL.COM - Inilah makna dari tuntutan seumur hidup Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Ferdy Sambo terkait kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Hal tersebut terjadi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023), setelah Ferdy Sambo terbukti telah terlibat dalam pembunuhan berencana Brigadir J

Namun dibalik itu tak sedikit yang merasa penasaran dengan makna dari tuntutan hukuman penjara seumur hidup Ferdy Sambo.

Pasalnya masyarat sedikit bingung dengan makna dari tuntutan hukuman penjara seumur hidup adalah sesuai umur atau dipenjara sampai mati.

Baca juga: Ibu Brigadir J Tak Puas Tuntutan Seumur Hidup Ferdy Sambo, Kesal Anak Dituding Lakukan Pelecehan

Diketahui jika sejumlah pihak mengira jika penjara seumur hidup artinya akan dipenjara sampai terpidana meninggal dunia.

Bahkan tak sedikit yang menduga maksud dari penjara seumur hidup adalah dipenjara selama jumlah umur terpidana saat divonis.

Namun menurut Pakar Hukum Pidana dari Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menjelaskan, pidana penjara seumur hidup bukan selama jumlah umur terpidana saat mendapatkan vonis.

"Pengertian (penjara seumur hidup) itu sampai dengan terpidana meninggal dunia," terang Abdul dilansir dari Kompas.com.

Abdul menambahkan, tidak mungkin hakim akan menjatuhkan pidana penjara selama lebih dari 20 tahun.

"Jika terdakwa melakukan beberapa tindak pidana yang jika dijumlahkan hukumannya lebih dari 20 tahun, KUHP menentukan dipilih yang terberat," kata dia. Hukuman terberat tersebut, menurut Abdul, pasti tidak akan melebihi 20 tahun penjara.

Sementara itu dalam Pasal 12 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) mengatur dua macam pidana penjara, yaitu seumur hidup atau selama waktu tertentu.

Makna dari Tuntutan Hukuman Penjara Seumur Hidup Ferdy Sambo, Sesuai Umur Atau Dipenjara sampai Mati
Makna dari Tuntutan Hukuman Penjara Seumur Hidup Ferdy Sambo, Sesuai Umur Atau Dipenjara sampai Mati (youtube/KOMPASTV)

Penjara selama waktu tertentu tersebut, tidak boleh lebih dari 20 tahun. Abdul menjelaskan, hukuman yang lebih berat dari 20 tahun penjara adalah hukuman penjara seumur hidup dan hukuman mati.

Kedua hukuman tersebut, baru bisa dijatuhkan apabila pasal yang dituntut mengatur penjara seumur hidup atau hukuman mati sebagai pidana maksimal.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved