Berita Muratara

Rancangan Dapil dan Kursi DPRD Muratara di Pemilu 2024, KPU Minta Masukan Masyarakat

KPU Muratara tengah merancang penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD pada Pemilu 2024. 

TRIBUNSUMSEL.COM/RAHMAT
Ketua KPU Kabupaten Muratara, Agus Maryanto 

Laporan Wartawan TribunSumsel.com, Rahmat Aizullah 


TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) tengah merancang penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD pada Pemilu 2024. 

Dalam perancangan tersebut, KPU setempat meminta masukan dan  tanggapan masyarakat dari sekarang hingga tanggal 6 Desember 2022. 

Masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapan dengan cara mendatangi langsung kantor KPU Muratara di Desa Noman Baru atau melalui laman http://helpdesk.kpu.go.id/tanggapan. 

"Kami sangat mengharapkan partisipasi masyarakat untuk dapat memberikan masukan dan tanggapan mengenai rancangan Dapil dan alokasi kursi DPRD," kata Ketua KPU Muratara, Agus Maryanto, Kamis (24/11/2022). 

Agus menjelaskan, masukan dan tanggapan masyarakat dibuat secara tertulis sesuai dengan format yang bisa diambil di kantor KPU atau diunduh pada laman http://helpdesk.kpu.go.id/tanggapan.

Penyampaian masukan dan tanggapan tersebut dilengkapi dengan surat pengantar resmi bagi lembaga, badan, organisasi masyarakat, atau partai politik. 

Baca juga: Kisah Haru Iptu Herwan Bertemu Ayah dan Anak 8 Tahun Terlantar di Muratara

Bagi masyarakat secara perorangan yang ingin berpartisipasi memberikan masukan cukup membawa identitas diri berupa fotokopi KTP elektronik.

"Format masukannya bisa diambil di kantor KPU atau download di helpdesk. Nanti disampaikan bisa diantar langsung ke kantor KPU atau melalui laman helpdesk KPU," kata Agus.

Untuk diketahui, ada tiga rancangan yang disiapkan KPU dengan alokasi jumlah kursi di DPRD Muratara pada Pemilu 2024 sebanyak 25 kursi. 

 

Rancangan Dapil Muratara Pemilu 2024

 

Rancangan pertama, ada 4 Dapil dengan rincian Dapil 1 Rupit - Karang Dapo 8 kursi, Dapil 2 Karang Jaya 4 kursi, Dapil 3 Rawas Ulu - Ulu Rawas 6 kursi, Dapil 4 Nibung - Rawas Ilir 7 kursi. 

Rancangan kedua, ada 3 Dapil dengan rincian Dapil 1 Rupit - Karang Jaya 9 kursi, Dapil 2 Rawas Ulu - Ulu Rawas 6 kursi, Dapil 3 Rawas Ilir - Nibung - Karang Dapo 10 kursi. 

Rancangan ketiga, ada 4 Dapil dengan rincian Dapil 1 Rupit - Karang Jaya 9 kursi, Dapil 2 Rawas Ulu - Ulu Rawas 6 kursi, Dapil 3 Nibung 4 kursi, Dapil 4 Karang Dapo - Rawas Ilir 6 kursi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved