Berita Palembang

Kapan Masa Berlaku Paspor 10 Tahun? Ini Penjelasan Kantor Imigrasi Palembang

Kapan masa berlaku paspor 10 tahun didapatkan masyarakat? Ini Penjelasan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 18 Tahun 2022, tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 8 Tahun 2014 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) ditandatangani Menkumham 19 September 2022 lalu.

Peraturan itu mengamanatkan masa berlaku Paspor biasa paling lama 10 (sepuluh) tahun sejak diterbitkan

Lalu kapan masa berlaku paspor 10 tahun didapatkan masyarakat?

"Baru Permenkumham nya saja,  belum ada Petunjuk Pelaksanaan (Juklak)nya," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan melalui Kasi Teknologi, Informasi dan Komunikasi Imigrasi Kelas I TPI Palembang Narsepta Hendy saat di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Senin (3/10/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk Paspor 10 tahun belum ada.

Saat ini pihaknya masih menerapkan Paspor yang berlaku 5 tahun, karena untuk yang berlaku 10 tahun masih menunggu Juklak.

Menurutnya, biasanya nanti akan ada turunan Permenkumham-nya, dan juga SOP atau Juklak nya.

"Kalau diterapkan artinya harus dirubah aplikasinya dan sampai sekarang belum berubah masih berlaku 5 tahun. Kapan akan mulai diterapkan? Ia kita tunggu saja, karena saya juga belum bisa memastikan kapannya," ungkapnya

Menurut Narsepta Hendy, memang masyarakat juga ada yang bertanya tentang masa berlaku Paspor jadi 10 tahun.

Pihak imigrasi menjelaskan, bahwasanya masih berlaku yang 5 tahun, dan yang 10 tahun belum.

"Untuk pembuatan Paspor di sini per hari rata-rata 70 pengajuan. Kebanyakan ada untuk umrah, berobat, untuk belajar dan lain-lain," ungkapnya 

Sebagai informasi untuk membuat paspor baru syaratnya KTP Elektronik , Kartu Keluarga dan Akte Lahir/Ijazah /buku nikah/akte nikah dengan biaya Rp 350 ribu.

Baca juga: Selebgram Palembang Ubey Apsensoo Dikabarkan Bebas dari Penjara, Tersandung Kasus Judi Online

Sementara itu Warga Palembang Rina yang sedang membuat Paspor mengatakan, bahwa ia memang mendengar adanya wacana Paspor bisa digunakan hingga 10 tahun.

"Kalau itu beneran diterapkan tentunya senang ya, karena nggak harus lima tahun sekali perpanjang. Waktu 10 tahun terbilang cukup lama dan bagus kalau benar-benar diterapkan," kata Rina yang mengajukan Perpanjangan Paspor untuk umrah itu.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved