Berita Palembang

Ustadz Solihin Hasibuan Digugat ke Pengadilan Palembang, Solhas Diduga Punya Utang Rp 2,5 Miliar

Ustadz Solihin Hasibuan atau Solhas digugat ke Pengadilan Negeri Palembang karena diduga ingkar janji punya utang Rp 2,5 miliar belum dibayar.

DOK TRIBUN SUMSEL
Ustadz Solihin Hasibuan atau Solhas digugat ke Pengadilan Negeri Palembang karena diduga ingkar janji punya utang Rp 2,5 miliar belum dibayar, Selasa (27/9/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Ustadz Solihin Hasibuan atau Solhas digugat ke Pengadilan Negeri Palembang karena diduga punya utang Rp 2,5 miliar dan belum dibayar hingga sekarang.

Gugatan kepada Ustadz Solihin Hasibuan dilayangkan seorang kontraktor bernama Widian ST.

Perkara utang Ustadz Solihin Hasibuan ini terkait proyek pembangunan gedung dan fasilitas umum di Ma'had Izzatuna Yayasan Izzatuna Palembang.

Penggugat Widian menuntut hak pembayaran hasil kerjanya yang tak kunjung dibayarkan.

Gugatan dilayangkan kontraktor bernama Widian ST terhadap dua tergugat yakni Ustadz Solihin Hasibuan selaku Mudir Ma'had Izzatuna dan Isnu Baladipa, pembina yayasan Izzatuna.

Muslim SH dari kantor hukum H. Chairuddin Idrus BICP, SH, MH mengatakan, kliennya mengalami kerugian mencapai miliaran rupiah akibat ingkar janji yang diduga dilakukan oleh kedua tergugat.

Baca juga: Viral Pria Tembakkan Airsoft Gun di IP Palembang , Pelaku Diamankan, Polisi Ungkap Motif

"Maka untuk itu, kami datang ke PN Palembang untuk mengajukan gugatan wanprestasi terhadap tergugat 1 yakni ustadz Solihin Hasibuan dan tergugat 2 Isnu Baladipa atas dugaan ingkar janji," ujar Muslim SH didampingi Maya Puspa Rivanita SH dan Sutrisno SH, Selasa (27/9/2022).

Lanjut Muslim, sisa kekurangan pembayaran hasil kerja yang belum diterima kliennya mencapai Rp. 2.504.751.250 (dua miliar lima ratus empat juta tujuh ratus lima puluh satu ribu dua ratus lima puluh rupiah).

Selain itu, ada juga kerugian immateriil senilai Rp. 1.390.712.690 (satu miliar tiga ratus sembilan puluh juta tujuh ratus dua belas ribu enam ratus sembilan puluh rupiah).

Ustadz Solihin Hasibuan atau Solhas digugat ke Pengadilan Negeri Palembang karena diduga punya utang Rp 2,5 miliar dan belum dibayar hingga sekarang, Selasa (27/9/2022). Tim kuasa hukum dari kantor hukum H. Chairuddin Idrus BICP, SH, MH mewakili kontraktor bernama Widian ST melayangkan gugatan ke Ustadz Solihin Hasibuan selaku Mudir Ma'had Izzatuna dan Isnu Baladipa, pembina yayasan Izzatuna.
Ustadz Solihin Hasibuan atau Solhas digugat ke Pengadilan Negeri Palembang karena diduga punya utang Rp 2,5 miliar dan belum dibayar hingga sekarang, Selasa (27/9/2022). Tim kuasa hukum dari kantor hukum H. Chairuddin Idrus BICP, SH, MH mewakili kontraktor bernama Widian ST melayangkan gugatan ke Ustadz Solihin Hasibuan selaku Mudir Ma'had Izzatuna dan Isnu Baladipa, pembina yayasan Izzatuna. (TRIBUN SUMSEL/SHINTA DWI ANGGRAINI)

Dia menjelaskan, persoalan ini bermula ketika kliennya mendapat proyek untuk mengerjakan pembangunan gedung dan fasilitas umum di Ma'had Izzatuna Yayasan Izzatuna kawasan KM 7 Palembang ditahun.

Pengerjaan proyek dimulai dari tahun 2019 dan rampung seratus persen pada bulan Agustus 2021.

Namun sampai hampir memasuki akhir tahun 2022 saat ini, sang kontraktor tidak kunjung menerima pembayaran atas hasil pekerjaannya.

"Tergugat satu, ustadz Solihin, dia yang memberi pekerjaan pada klien kami. Tergugat dua, adalah pembina yayasan yang mengetahui pengerjaan itu. Klien kami hanya ingin haknya, tapi terus mendapat janji tapi tidak terealisasi," ujarnya.

Sebelum melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Palembang, penggugat sudah lebih dulu melayangkan somasi ke tergugat untuk segera memenuhi hak pembayaran.

Namun upaya itu tidak kunjung membuahkan hasil hingga akhirnya jalur Pengadilan dipilih sebagai solusi untuk menyelesaikan persoalan ini.

"Klien kami adalah kontraktor yang tidak menerima haknya padahal sudah melakukan kewajiban. Untuk itu kami berharap pihak tergugat secepatnya juga menyelesaikan tanggung jawab mereka yakni membayar sisa pembayaran terhadap klien kami," ujarnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi awak media, ustadz Solihin Hasibuan selaku tergugat 1 enggan berkomentar terkait gugatan ini.

"Oh saya tidak tahu," singkatnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Baca berita lainnya langsung dari google news

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved