Berita Palembang

Berikut Struktur Koordinator di Bawaslu Sumsel, Yenli Elmanoferi Jabat Ketua

Pasca dilantiknya tiga komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) provinsi Sumsel periode 2022-2027 oleh Bawaslu RI

Editor: Slamet Teguh
Tribunsumsel.com/ Arief Basuki Rohekan
Berikut Struktur Koordinator di Bawaslu Sumsel, Yenli Elmanoferi Jabat Ketua 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pasca dilantiknya tiga komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) provinsi Sumsel periode 2022-2027 oleh Bawaslu RI, Rabu (21/9/2022) di Jakarta.

Kini jabatan ketua Bawaslu Sumsel resmi diemban Yenli Elmanoferi.

Kepastian ini setelah lima komisioner yang ada ( dua yang lama Yenli dan Syamsul Alwi) dan tiga yang baru Aham Naafi, Kurniawan dan M Sarkani melakukan rapat pleno di Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta dengan agemda pemilihan ketua dan pembagian koordinator divisi Bawaslu Sumsel.

Dalam rapat itu, Yenli Elmanoferi dipilih sebagai ketua berdasarkan pertimbangan kelembagaan dan berkelanjutan sekaligus merangkap koordinator divisi hukum, humas dan data informasi dengan wakil koordinator M Sarkani

Sementara koordintaor Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga dijabat M Sarkani dengam wakil Syamsul Alwi. Divisi SDM dan Organisasi diemban Kurniawan denhan wakil Ahmad Naafi

Kemudian, koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dijabat Aad Naafi dengan wakil Kurniawan, serta koordonator Divisi Penyelesaian Sengketa dijabat Syamsul Alwi dengam wakil Yenli.

Menurut komisioner Bawaslu Sumsel Ahmad Naafi dalam keterangan tertulisnya, pembagian divisi dilaksanakan sampai dengan Perbawaslu mengenai pola hubungan dan tata kerja yang terbaru telah diundangkan. Kemudian pelaksanaan tugas dan fungsi masing- masing divisi tetap dilaksanakan secara kolektif kolegia.

"Hal ini juga ditetapkan, mengingat Bawaslu Sumsel tengah menghadapi proses penanganan temuan pelanggaran," jelas Naafi.

Baca juga: Pilkades Ogan Ilir 2022, Bawaslu OI Buka Pendaftaran Panwascam, Catat Waktu dan Persyaratannya

Baca juga: Sosok Pengganti Komisioner KPU Palembang, Kurniawan yang Jadi Komisioner Bawaslu Sumsel

Sementara Ketua Bawaslu Sumsel Yenli Elmanoferi mengaku siap mengemban amanat dari teman- temannya, dan diharapkan kedepan bisa melaksanakan pengawasan pemilu khususnya tahapan saat ini secara maksimal dan sesuai peraturan yang ada.

"Terima kasih kepada teman telah mempercayai saya dan beri amanah kepada temen, dan apresiasi yang telah diberikan kesepakatan mufakakat. Dimana ini modal awal kerja dan diharapkan semua tahapan kedepan dilakukan secara maksimal, dengan pitisan kolektif kolegia, karena keputusan pleno tertinggi di Bawaslu itu, mengingat tahapan semakin kompleks nantinya," papar Yenli.

Diakui Yenli, dengan adanya 3 personil baru komisioner Bawaslu Sumsel saat ini, ia yakin dengan kemampuan mereka mengingat selama ini tidak asing lagi dalam hal kepemiluan.

"Kawan baru punya latar pelakang sudah mengetahui kepemilluan ditengah proses panwascam saat ini, akan dikoordinasikan perekrutan dan untuk seleksi sesuai pedoman Bawaslu sudah jelas, dan kita berharap dukungannya penuh," ujarnya.

Ditambahkan Yenli, mengingat saat ini tahapan pemilu sudah berjalan, jajarannya sudah melakukan pembagian pengawasan pemilu, khususnya saat ini verifikasi parpol dengan pekerjaan pengawasan yang dilakukan KPU.

"Terkait dengan kerja sama dengan KPU, kita jalankan kerjasama kemitraan dengan baik serta harmonis, bukan mengenyampingkan pengawasan kami. Tetapi sesuatu yang masih bisa dikoordinasikan dan komunikasikam diterima saran bawaslu untuk kebaikan kelembagaan. Saya pikir tidak ada lagi istilah Tom and Jerry. Sebab KPU mitra kita dalam pelaksaan tahapan dan pemilihan, sesuai tupoksi masing-masing, kami sebagai pengawasan dan KPU di teknis penyelenggaraan," pungkasnya.

 

Baca berita Tribunsumsel.com 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved