Berita Lubuklinggau

Verifikasi Parpol 2024, Lima Partai Politik di Lubuklinggau Tak Memenuhi Syarat Administrasi

Verifikasi parpol 2024, lima dari 24 partai politik ikut tahapan verifikasi di KPU Kota Lubuklinggau dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi.

Penulis: Eko Hepronis | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/EKO HEPRONIS
Verifikasi parpol 2024, lima dari 24 partai politik ikut tahapan verifikasi di KPU Kota Lubuklinggau dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi. Hal ini diungkap Ketua KPU Lubuklinggau Topandri, Rabu (7/9/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Verifikasi parpol 2024, lima dari 24 partai politik yang ikut tahapan verifikasi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Pasalnya, ke lima partai tersebut dinyatakan TMS setelah tidak melengkapi berkas keanggotaan sampai masa terakhir verifikasi administrasi partai politik untuk Pemilu 2024.

Kelima partai tak memenuhi verifikasi Parpol 2024 adalah Partai Republik, Partai Republik Satu, Partai Republik Indonesia, Partai Suara Rakyat Indonesia (Parsindo) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Ketua KPU Lubuklinggau, Topandri menyampaikan partai tersebut dinyatakan TMS untuk sementara waktu karena kekurangan anggota partai.

"Temuannya kebanyakan kurang anggota, sehingga anggotanya yang beralamat diluar kota di masukan dalam keanggotaan Lubuklinggau," ungkap Topan pada wartawan, Rabu (7/9/2022).

Topandri mencontohkan seperti anggota kepengurusan yang berdomisili di Kota Padang, Provinsi Aceh dan Provinsi Bengkulu juga dimasukkan dalam keanggotaan partai di Lubuklinggau.

Baca juga: Pelajar SMP Rudapaksa Ponakan Usai Nonton Video Asusila di Musi Rawas, Korban 12 Tahun Siswa SD

"Harusnya semua warga Lubuklinggau, karena minimal jumlah kepengurusan partai politik ini minimal 1: 1000. Bila total jumlah penduduk Lubuklinggau 250 ribu maka jumlah pengurus dan anggotanya 250 orang dalam satu partai," ujarnya.

Hanya saja, masih ada waktu sampai dua pekan depan, semua partai politik yang dinyatakan TMS tersebut melengkapi berkas kekurangannya.

Namun, apabila tidak melakukan perbaikan administrasi sampai dua pekan kedepanmaka secara otomatis dinyatakan TMS kembali.

"Bila sampai perbaikan tidak melakukan perbaikan, dianggap TMS atau saat perbaikan verifikasi administrasi selesai tidak diperbaiki maka langsung TMS," ungkapnya.

Kemudian data tersebut, akan dikirimkan ke pusat dan Desember mendatang akan diumumkan oleh KPU RI partai mana saja yang akan ikut Pemilu 2024 mendatang.

"Tapi kalau pun hanya kita saja (Lubuklinggau) yang TMS, sementara daerah lainnya memenuhi syaratnya 75 persen seluruh wilayah Indonesia, maka partai tersebut tetap bisa jadi peserta Pemilu," ujarnya. 

Baca berita lainnya langsung dari google news

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved