Berita Muratara

Puluhan Pekerja Perusahaan Batubara Diduga Keracunan di Muratara, Dinkes Tetapkan KLB

Puluhan pekerja perusahaan batubara diduga keracunan di Muratara, Dinkes Mruatara tetapkan kasus kejadian luar biasa.

Penulis: Rahmat Aizullah | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/RAHMAT AIZULLAH
Puluhan pekerja perusahaan batubara diduga keracunan di Muratara, Dinkes Mruatara tetapkan kasus kejadian luar biasa, Selasa (6/9/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Puluhan pekerja perusahaan batubara diduga keracunan di Muratara, Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas Utara (Dinkes Muratara) menetapkan kasus puluhan pekerja perusahaan tambang batubara yang diduga keracunan makanan sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Puluhan pekerja tersebut dibawah naungan PT Bintang Sukses Energi (BSE) yang merupakan subkontraktor dari PT Barasentosa Lestari (BSL), perusahaan tambang batubara di Kecamatan Rawas Ilir.

"Untuk saat ini masih diduga keracunan, tapi sudah kita tetapkan sebagai KLB, kejadian luar biasa," kata Kepala Dinkes Muratara, dr Arios Saplis melalui Sekretaris Tasman Majid pada TribunSumsel.com, Selasa (6/9/2022).

Ia mengatakan, penetapan kasus tersebut sebagai KLB pertimbangannya mengacu pada Permenkes Nomor 2 tahun 2013 tentang penanganan kasus keracunan pangan.

"Kami melakukan penyelidikan epidemiologi, melihat dari gejala-gejalanya, jumlah pasiennya, dari situ kami menetapkan KLB, pertimbangannya mengacu pada Permenkes," katanya.

Baca juga: Mutasi Kejari OKI, Dicky Darmawan Jabat Kajari OKI, Pejabat Lama Abdi Reza Pindah Kajari Pasuruan

44 Orang Dirawat di 2 Puskesmas

Diberitakan TribunSumsel.com sebelumnya, ada puluhan warga yang mendatangi Puskesmas Bingin Teluk dan Puskesmas Pauh melapor mengalami gejala yang mengarah pada dugaan keracunan makanan.

Informasi diperoleh, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun ada 44 orang dirawat, terbagi di Puskesmas Bingin Teluk 30 orang, dan Puskesmas Pauh 14 orang.

Sebanyak 44 orang tersebut merasakan gejala yang rata-rata hampir sama seperti buang air besar (BAB) cair, mual-muntah, kepala pusing, sakit perut, hingga demam.

"Dari 30 orang yang dirawat di Puskesmas Bingin Teluk 11 orang sudah bisa dipulangkan. Kalau yang di Puskesmas Pauh masih 14 orang dirawat, tapi sore ini kemungkinan sudah ada yang bisa dipulangkan," kata Sekretaris Dinkes Muratara, Tasman Majid.

Ia mengatakan, puluhan pekerja tersebut mengaku sebenarnya mengalami keluhan mengarah pada keracunan makanan sejak hari Minggu (4/9/2022).

Mereka mulai masuk Puskesmas Pauh pada hari Minggu pukul 19.30 WIB, sedangkan yang masuk Puskesmas Bingin Teluk pada pukul 20.15 WIB.

"Pertama kali masuk Puskesmas Pauh 14 orang. Kalau masuk Puskesmas Bingin Teluk awalnya 15 orang, terus bertambah sampai 30 orang," ujarnya.

*Pekerja Makan Catering Biasa*

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved