Berita OKUS

Polres OKUS Gelar Pasukan Ops Lilin Musi 2021 Untuk Pengamanan Nataru

Popo Ali bersama TNI-Polri melakukan pengecekan kesiapan pada apel gelar Operasi Lilin Musi 2021.

Editor: Slamet Teguh
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo B, Commerce membacakan amanat Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, dihalaman Mapolres OKU Selatan. Kamis (23/12/2021). 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Alan Nopriansyah

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARADUA - Didampingi Kapolres OKU Selatan, AKBP Indra Arya Yudha SH, SIK, MH, Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo menjadi inspektur dalam apel gelar pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021-2022 di Lapangan Mapolres OKU Selatan, Kamis, (23/12) pagi.

Popo Ali bersama TNI-Polri melakukan pengecekan kesiapan pada apel gelar Operasi Lilin Musi 2021.

Popo Ali, membacakan amanat Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, apel pasukan dilakukan yakni sebagai pengecekan kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 untuk pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Pengecekan baik pada aspek personel maupun sarana prasarana. Serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra Kamtibmas lainnya,"ujar Popo.

Popo, yang juga didamingi Damdim O403 dan Kajari OKU Selatan mengatakan operasi lilin dilaksanakan sejak 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang.

"Akan dilaksanakan selama 10 hari mulai 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional,"katanya.

Kepala Daerah di Kabupaten OKU Selatan itu juga mengatakan selama operasi lilin 2021 dengan menekanlan protokol kesehatan (prokes) sehingga masyarakat yang merayakan dengN aman.

“Tentunya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran COVID-19. Sehingga, masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman,”Ujar Popo.

Baca juga: Polres OKUS Rotasi Sejumlah Pejabatanya, Iptu Soni Rahmani Jabat Kapolsek Muaradu Kisam

Baca juga: Polres OKUS Suntik Vaksin Puluhan Pengendara yang Terjaring Razia

Operasi lili tahun 2021 ini, TNI-Polri dan Pemda OKU Selatan melakukan mapping yang menjadi perhatian dalam pengamanan Nataru diantaranya  ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba.

Selain itu termasuk pesta miras, ancaman perusakan fasilitas umum, kriminali curat, curas dan curanmor.

Tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Dalam amanat yang dibacakan Kapolri , menekan 7 poin dalam pengamanan. Pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat;

Ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022.

Keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system

Kelima, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas;

Keenam, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi;

Ketujuh, Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved