Breaking News:

Berita Palembang

Mau Sukses, Ini Tips dari Menparekraf Sandiaga Uno, 'Jadilah Agen Perubahan, Jangan Kaum Rebahan'

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri secara langsung wisuda Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) di Politeknik Pariwisata Palembang.

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/LINDA TRISNAWATI
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri secara langsung wisuda Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) di Politeknik Pariwisata Palembang, Jumat (22/10/2021) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri secara langsung wisuda Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) di Politeknik Pariwisata Palembang.

"Pesan saya 4AS. Karena kalian para wisudawan dan wisudawati memulai satu tahapan baru dalam kehidupan kalian," kata Sandiaga Uno saat di Politeknik Pariwisata Palembang, Jumat (22/10/2021).

Sandiaga Uno menjelaskan, 4AS itu pertama tahapan kerja keras, tidak ada orang yang sukes tanpa kerja keras. Kedua kerja cerdas, gunakan ilmu yang dipelajari sebagai katalisator untuk bekerja lebih efektif dan efisien.

Ketiga kerja tuntas, selesikan yang menjadi tugas dan tanggungjawab. Jadilah orang, orang yang berkontribusi secara totalitas. Terakhir yang keempat kerja ikhlas, dengan tetap ikhtiar dan yang menentukan hasilnya Allah.

"Jadi ingat 4AS itu, Kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas. Kalau itu dijalankan dengan baik, mudah-mudahan kalian akan mampu jadi pimpinan dan tokoh-tokoh penting," ungkapnya.

Menuru Sandiaga Uno, PTNP turut berkontribusi mendukung program pemerintah dalam pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satunya menyelenggarakan program-program untuk menciptakan mahasiswa dan lulusan di bidang wirausaha.

"Bentuk akselerasi program wirausaha yang telah dilakukan PTNP meliputi memasukan mata kuliah Wirausaha ke dalam kurikulum, membangun Inkubator Bisnis, menyelenggarakan workshop atau seminar kewirausahaan, mendorong mahasiswa mengikuti berbagai kompetisi wirausaha," katanya

Menurut Sandiaga Uno ada enam PTNP di bawah Kemenparekraf/ Baparekraf seperti STP NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Makassar, Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok, berkolaborasi dan membangun kerja sama dengan beberapa mitra baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta, organisasi, dan industri untuk mengembangkan program wirausaha.

"Wirausaha bukanlah sebuah profesi, melainkan mindset untuk selalu bekerja keras, optimis, inovatif, kreatif, dan memiliki leadership. Jadilah agen perubahan, jangan menjadi kaum rebahan," katanya.

Baca juga: PLN UP3 Palembang Gelar Lomba Keahlian Pelayanan Teknik, Peringatan Hari Listrik Nasional ke-76

Sementara itu Direktur Poltekpar Palembang Zulkifli Harahap menambahkan, Wisuda PTNP di bawah Kemenparekraf/ Baparekraf digelar secara hybrid di Poltekpar Palembang.

"Sebanyak 12 wisudawan terbaik mengikuti prosesi wisuda secara offline, sedangkan sisanya mengikuti kegiatan melalui virtual," katanya.

Untuk yang diwisuda ada sebanyak 2.696 orang. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Sekretaris Kemenparekraf/ Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani didampingi Faisal, Kepala Pusat Pengembangan SDM dari Kemenparekraf/ Baparekraf.

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved