Breaking News:

Berita Muratara

Napi Lapas Surulangun Rawas Muratara Belajar Ngelas, Kalapas, 'Bekal Usai Jalani Hukuman'

Sejumlah narapidana (napi) di Lembaga Permasyarakatan Kelas III Surulangun Rawas Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dibekali pelatihan.

Penulis: Rahmat Aizullah | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/RAHMAT AIZULLAH
Penandatanganan kerja sama antara Lapas Kelas III Surulangun Rawas Kabupaten Musi Rawas Utara dan UPTD Balai Pelatihan Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kota Lubuklinggau, Selasa (12/10/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Sejumlah narapidana (napi) di Lembaga Permasyarakatan Kelas III Surulangun Rawas Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dibekali pelatihan.

Mereka dilatih keahlian perbengkelan las selama 16 hari dimulai Rabu (13/10/2021) besok.

Kepala Lapas Kelas III Surulangun Rawas, Indra Yudha mengatakan pelatihan kerja kejuruan teknis las ini diikuti 30 warga binaan.

Pelatihan berbasis masyarakat tersebut berkerja sama dengan UPTD Balai Pelatihan Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kota Lubuklinggau.

"Hari ini kita kerjasamanya, besok mereka mulai dilatih, pelatihannya selama 16 hari," kata Indra Yudha kepada wartawan, Selasa (12/10/2021).

Dia mengatakan pelatihan ini bertujuan agar napi memperoleh keahlian yang bisa menjadi bekal ketika sudah selesai menjalani masa hukuman di penjara.

Menurut Indra Yudha, usai pelatihan ini nantinya seluruh peserta akan mendapat sertifikat penghargaan.

Mereka diharapkan setelah bebas dari Lapas Surulangun Rawas kelak dapat berkerja pada bengkel-bengkel las atau membuka usaha las sendiri.

Mereka juga diharapkan bisa menjadi manusia mandiri dan berproduktif, serta bisa berkerja untuk menafkahi orang-orang terdekatnya.

"Semoga ini bisa menjadikan warga binaan memiliki keahlian dan nantinya setelah mereka selesai dihukum mereka dapat diterima di masyarakat," harap Indra Yudha.

Salah seorang napi yang meminta namanya tidak ditulis mengaku amat senang bisa mengikuti pelatihan mengelas.

Dia ingin memilik keahlian yang diharapkan bisa menjadi pekerjaannya nanti usai menjalani hukuman di Lapas Surulangun Rawas.

"Saya senang sekali Pak, saya benar-benar mau ikut ini. Kalau saya bisa dari belajar ngelas ini mungkin nanti pas saya keluar saya bisa kerja di tempat las atau buka usaha sendiri," katanya.

Baca juga: Masalah Debu Angkutan Batubara di Lahat, Ini Poin Kesepakatannya

Baca berita lainnya langsung dari google  news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved