Breaking News:

Berita Palembang

Layani Transportasi Perairan Sumsel, Serang Speedboat Tak Sediakan Life Jacket, Alasan Makan Tempat

Banyak dari sopir speedboat yang belum menyadari pentingnya ketersediaan life jacket. Minimnya ketersediaan life jacket dikarenakan memakan tempat di

Penulis: Rachmad Kurniawan | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/RACHMAD KURNIAWAN
Aktivitas sejumlah speedboat di Dermaga 16 Ilir, Senin (13/9/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Salah satu standar keselamatan penumpang dan sopir kapal speedboat dan ketek (kapal kecil) adalah ketersediaan life jacket. Banyak dari sopir speedboat yang belum menyadari pentingnya ketersediaan life jacket.

Dari pengakuan sejumlah sopir speedboat yang ada di Dermaga 16 Ilir, Palembang minimnya ketersediaan life jacket dikarenakan memakan tempat di dalam kapal.

Joni (37) salah satu sopir speedboat mengatakan ia hanya menyediakan life jacket sebanyak dua unit saja dari kapasitas penumpang yang bisa ditampung yakni 30 orang.

"Kalau jaket pelampung diletakkan semua di dalam speedboat akan memenuhi ruang gerak dan mengurangi kursi penumpang, " kata Joni saat dijumpai, Senin (13/9/2021).

Life jacket atau jaket pelampung yang ia miliki adalah bantuan yang pernah diberikan Dishub beberapa waktu lalu.

Setiap perjalanan pun, ia mengaku jaket pelampung jarang dikenakan karena arus sungai yang tidak terlalu besar dan kekuatan angin yang tidak kencang.

"Saya biasa mengantar penumpang dari Palembang ke Makarti Jaya, Kabupaten Banyuasin. Di perjalanan arusnya tidak terlalu berbahaya, kalau masih bisa dilewati ya lewati saja, " jelasnya.

Dalam satu kali berangkat, jumlah penumpang yang diangkut berkisar 20 orang saja.

Sama halnya dengan Rohani (52) sopir kapal ketek, yang mengaku sama sekali tidak punya life jacket di kapal keteknya yang berkapasitas 15 orang.

Ia beralasan karena jarak tempuhnya dekat ia merasa di dalam perjalanan akan aman tanpa gangguan arus sungai.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved