Breaking News:

Menuju Herd Immunity

Penerima Vaksin Moderna adalah Ibu Hamil dan Masyarakat dengan Komorbid, Berikut Efikasinya

5,1 juta vaksin didistribusikan untuk masyarakat umum dengan penerimanya adalah ibu hamil dan masyarakat dengan komorbid

Editor: Weni Wahyuny
Richard Susilo
Vaksin Moderna yang nantinya akan diberikan kepada ibu hamil dan masyarakat dengan komorbid 

TRIBUNSUMSEL.COM - Vaksin Moderna diperuntukkan untuk ibu hamil dan masyarakat dengan komorbid.

Sebelumnya vaksin ini digunakan untuk booster tenaga kesehatan.

Dikutip dari Kompas.com, Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, distribusi vaksin Moderna untuk masyarakat umum diatur dalam surat bernomor SR.02.06II/2025/2021 tentang Alokasi Distribusi Vaksin Covid-19 Moderna-COVAX Facility M2 Agustus 2021.

"Iya betul, isinya sudah sangat jelas. Mungkin (dosis vaksin) sudah sampai karena kami hanya di provinsi, untuk selanjutnya diatur daerah," kata Maxi.

Dalam surat tersebut, Kemenkes juga menginstruksikan seluruh Kepala Dinas Kesehatan tingkat provinsi untuk memberikan kepada masyarakat umum yang belum pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Diberitakan Kompas.com, Kamis (12/8/2021), Kementerian Kesehatan telah mengalokasikan 5.102.300 dosis vaksin Moderna untuk vaksinasi Covid-19 di 34 provinsi.

Baca juga: Vaksin Moderna, Apa Efek Sampingnya, Siapa Penerimanya dan Bagaimana Kemanjurannya ?

Penerima vaksin Moderna

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, vaksin Moderna ditujukan untuk ibu hamil dan masyarakat dengan komorbid yang tidak bisa mendapatkan vaksin AstraZeneca maupun Sinovac.

"Vaksinasi ini (Moderna) ditujukan kepada ibu hamil dan orang dengan komorbid yang tidak bisa mendapatkan (vaksin) AstraZeneca maupun Sinovac," kata Nadia, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/8/2021).

Nadia mengatakan, distribusi vaksin Moderna untuk masyarakat umum ini tidak akan mengganggu target pemberian vaksinasi booster untuk tenaga kesehatan.

Halaman
123
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved