Breaking News:

Muzakir Sai Sohar Divonis 8 Tahun Bui

BREAKING NEWS: Muzakir Sai Sohar Mantan Bupati Muara Enim Divonis 8 Tahun Penjara, Terima Suap

Bupati Kabupaten Muara Enim periode 2009-2018, Muzakir Sai Sohar divonis bersalah dan dijatuhi hukuman 8 tahun penjara.

Penulis: Shinta Dwi Anggraini | Editor: Vanda Rosetiati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Bupati Kabupaten Muara Enim periode 2009-2018, Muzakir Sai Sohar divonis bersalah dan dijatuhi hukuman 8 tahun penjara atas kasus suap alih fungsi lahan, Kamis (17/6/2021).

Muzakir terbukti menerima suap sebesar 200.000USD yang bila dirupiahkan menjadi Rp.2,3 Miliar dalam kasus alih fungsi lahan dari hutan produksi konversi menjadi hutan produksi tetap di tahun 2014 lalu.

"Menyatakan bahwa terdakwa terbukti bersalah dan dijatuhi 8 tahun penjara," ujar hakim yang diketuai Bongbongan Silaban SH MH dalam sidang virtual di Pengadilan Tipikor Palembang.

Tak hanya kurungan badan, hakim juga
menjatuhkan denda sebesar Rp.350 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka wajib diganti dengan kurungan penjara 6 bulan.

Selain itu Muzakir diwajibkan untuk membayar uang pengganti sebesar Rp2,3 miliar yang apabila tidak dibayar, maka harta bendanya akan disita sebagai uang pengganti.

"Apabila tidak dibayar dengan total harta benda yang sudah ditentukan, maka wajib diganti dengan pidana penjara 2 tahun 6 bulan," ujar hakim.

Adapun hal-hal yang memberatkan terdakwa menurut majelis hakim yakni terdakwa selaku kepala daerah tidak memberikan contoh kepada masyarakat, memberikan keterangan berbelit selama persidangan serta tidak mengakui perbuatannya.

"Sedangkan untuk hal-hal yang meringankan, terdakwa masih mempunyai tanggungan keluarga serta belum pernah dihukum," ujarnya.

Pengadilan Negeri Palembang menggelar sidang virtual Bupati Muara Enim periode 2009-2018, Muzakir Sai Sohar yang divonis bersalah dan dijatuhi hukuman 8 tahun penjara atas kasus suap alih fungsi lahan, Kamis (17/6/2021).
Pengadilan Negeri Palembang menggelar sidang virtual Bupati Muara Enim periode 2009-2018, Muzakir Sai Sohar yang divonis bersalah dan dijatuhi hukuman 8 tahun penjara atas kasus suap alih fungsi lahan, Kamis (17/6/2021). (TRIBUN SUMSEL/SHINTA DWI ANGGRAINI)

Dalam fakta persidangan, terdakwa M Anjapri yang saat itu menjabat Direktur Utama (Dirut) PT Perkebunan Mitra Ogan, diketahui telah memberikan uang secara bertahap kepada terdakwa Muzakir Sai Sohar.

Uang itu diberikan dengan menggunakan pecahan dollar amerika sebesar 200.000USD yang selanjutnya
digunakan terdakwa Muzakir untuk keperluan pribadinya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved