Breaking News:

Berita Kriminal Palembang

Kurang dari 1x24 Jam, 3 Pembobol Rumah Kerugian Rp 80 Juta Diciduk Polisi, Pelaku Pegawai Korban

Ketiga pelaku ini merupakan pegawai korban di tempat cucian mobil milik korban. Aksi pencurian ini pun dilakukannya sehari berulang kali.

TRIBUN SUMSEL/MELISA WULANDARI
Tiga pelaku bobol rumah terpaksa dilumpuhkan tim Ospnal Ranmor Beguyur Bae, Senin (9/5/2021) malam. Mereka pembobol rumah majikannya sehingga mengakibatkan kerugian mencapai Rp 80 juta. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Tiga pelaku komplotan pencurian bobol rumah dengan kerugian Rp 80 juta berhasil diciduk tim Opsnal Ranmor Beguyur Bae Porlestabes Palembang dalam waktu kurang lebih 1 x 24 jam pada Minggu (9/5/2021) sekira pukul 22.00.

Ketiga pelaku yakni, Warsono (29) dan Luki (30) merupakan warga Jalan Wahap Lorong Sidodadi Kecamatan SU I Palembang, pelaku lainnya Yopi (23) merupakan warga Jalan Majapahit Lorong Majapahit 9 Kecamatan SU I Palembang berhasil diciduk oleh petugas tak jauh dari TKP (tempat kejadian perkara).

Karena tak menggubris dan melawan saat akan ditangkap, ketiga pelaku ini terpaksa ditembak oleh petugas.

"Benar ketiga pelaku telah kami tangkap. Ini berawal dari laporan korban yang melaporkan aksi pencurian bobol rumah. Lalu dengan cepat kami tindaklanjuti. Setelah melakukan penyidikan dan berhasil mengetahui nama-nama pelaku, saat itu juga kami tak mau buang waktu ketiga pelaku pun langsung kami incar dan tangkap," kata Kasat Reskrim Polrestabes Palembang Kompol Tri Wahyudi didampingi Kanit Ranmor Iptu Irsan Ismail, Senin (10/5/2021).

Tri yang juga didampingi Kasubsnit Opsnal Ranmor, Ipda Jhony Palapa mengatakan setelah diperiksa ternyata ketiga pelaku ini merupakan pegawai di tempat cucian mobil korban. Mereka sudah sering melakukan aksi pencurian.

"Ketiga pelaku ini merupakan pegawai korban di tempat cucian mobil milik korban. Aksi pencurian ini pun dilakukannya sehari berulang kali," bebernya sambil mengatakan ketiga pelaku terpaksa dilumpuhkan karena melawan.

Selain mengamankan tiga pelaku, mereka juga mengamankan barang bukti berupa satu set ceret dan cangkir yang terbuat dari logam kuningan.

"Atas ulahnya ketiga pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan penjara diatas 5 tahun," katanya.

Otak pelaku pencurian, Warsono ketika diperiksa petugas mengakui perbuatannya.

"Kami khilaf pak melakukan aksi pencurian ini. Ini kami lakukan lantaran rumah korban kerap dalam keadaan kosong. Gaji kami pun sebagai tukang cuci mobil kecil, mana ini mau lebaran terpaksa kami mencuri," katanya.

Sebelum ketiga pelaku diciduk Tim Opsnal Ranmor Beguyur Bae Polrestabes Palembang, aksi pencurian tersebut terjadi pada Minggu (09/5/202) sekira pukul 14.00 di rumah korban bernama Ardita Aprilia Julaiz (24) warga Jalan Mojopahit No 535 Kelurahan Tuan Kentang Kecamatan SU I Palembang dengan kerugian Rp80 juta.

Diketahui, berawal saat korban ingin mengecek keadaan rumahnya sekira pukul 08.00.

Namun korban mendapati keadaan rumah sudah berantakan dan pintu dalam keadaan terbuka.

Ketika diperiksa barang-barang berharga berupa kuningan dan barang antik sudah hilang.

Baca juga: Tips Merawat Mobil di Rumah Saat Libur Lebaran, Rutin Panaskah, Isi Penuh Tangki BBM

Baca juga: 30 Kelurahan di Palembang Boleh Laksanakan Salat Ied Berjemaah di Masjid, Ini Syarat Harus Dipenuhi

Ikuti Kami di Google Klik

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved