Breaking News:

Berita Muaraenim

Sepanjang Tahun 2021, 18 Karyawan di Muaraenim Terkena PHK, Ini Aturan PHK Jelang Hari Raya

Kepala Dinas Tenaga Kerja Muara Enim, Hj Siti Herawati SH menyampaikan untuk tahun 2021 hingga saat ini di kabupaten Muara Enim ada 18 orang di PHK.

TRIBUNSUMSEL.COM/IKA
Kepala Dinas Tenaga Kerja Muara Enim, Hj Siti Herawati SH menyampaikan untuk tahun 2021 hingga saat ini di kabupaten Muara Enim ada 18 orang di PHK. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARA ENIM,--Dampak pandemi Covid 19 yang melanda dunia telah merontokkan perekonomian Indonesia tanpa terkecuali kabupaten Muara Enim.

Beberapa perusahaan, terpaksa melakukan PHK kepada karyawannya dengan alasan utama adalah untuk efisiensi.

"Kalau alasan di PHK cukup banyak seperti tidak disiplin, habis kontrak dan lain-lain, namun alasan utama adalah efisiensi supaya perusahaan tetap jalan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Muara Enim, Hj Siti Herawati SH, Jumat (30/4/2021).

Menurut Siti Herawati, pandemi Covid 19 sungguh membuat perekonomian tidak menentu dan berdampak kepada hampir semua perusahaan yang ada termasuk di Kabupaten Muara Enim.

Baca juga: Pemkab Muaraenim Akan Hibahkan Lahan Untuk Pembangunan RS Bhayangkara 2

PHK terpaksa dilakukan karena salah satu jalan perusahaan tetap surfife harus melakukan efisiensi disemua lini.

Lanjut Siti Herawati, untuk tahun 2021 hingga saat ini di kabupaten Muara Enim terdata ada 18 orang pekerja yang di PHK dari berbagai jenis perusahaan seperti dari perusahaan angkutan, pertambangan, perdagangan, industri pengolahan dan lain-lain.

Tentunya hal tersebut merupakan kebijakan perusahaan, namun perusahaan wajib mematuhi prosedur dan mekanisme PHK dimana karyawan yang si PHK harus tetap mendapatkan haknya sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Masih dikatakan Siti Herawati, Mengenai bagi pekerja/buruh yang hubungan kerjanya berdasarkan PKWTT (Tetap) dan terjadi PHK oleh pengusaha terhitung sejak 30 hari sebelum Hari Raya Keagamaan, maka berhak mendapatkan THR.

Sedangkan untuk resign/pengunduran diri bukan termasuk PHK yang dilakukan oleh pengusaha melainkan oleh pekerja/buruh itu sendiri. B

Berdasarkan ketentuan tersebut, maka ia tidak berhak mendapatkan THR.

Halaman
12
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved