Breaking News:

Tidak Mudik Bisa Bahagia

Kecewa Tidak Mudik Lebaran? Coba 7 Tips Ini Bisa Bikin Kamu Bahagia

Larangan mudik menyebabkan banyak perantau tidak bisa pulang ke kampung halaman yang sudah mereka rindukan. Kondisi tersebut membuat sedih dan kecewa

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO
Satgas gabungan melakukan pemeriksaan di pos penyekatan disimpang exit tol Celikah. Setiap pengendara memeriksa protokol kesehatan para pengendara dan persyaratan hasil negatif Covid-19, Rabu (28/4/2021) siang. Bahkan penjagaan makin ketat pada titik-titik tertentu setelah adanya larabngan mudik. 

TRIBUNSUMSEL.COM--UNTUK kedua kalinya pemerintah harus mengambil kebijakan dengan melarang tradisi mudik yang biasa dilakukan masyarakat Muslim di seluruh Indonesia jelang Hari Raya Idul Fitri. Semua gegara pandemi virus covid-19 yang penyebarannya masih tetap tinggi.

Kebijakan yang tidak populer pemerintah itu, memaksa masyarakat merayakan hari lebaran di rumah dan wilayah yang terbatas.

Larangan mudik menyebabkan banyak perantau tidak bisa pulang ke kampung halaman yang sudah mereka rindukan. Kondisi tersebut tentu saja membuat sedih dan kecewa, kerana tidak bisa bertemu langsung dengan orangtua maupun orang-orang yang dicintai, keluarga dan handai tolan.

Memang perasaan tersebut normal dirasakan semua orang dalam situasi seperti ini. Hanya saja, rasa sedih sebaiknya jangan berkepanjangan, jangan berlarut-larut. Mengapa? karena ada banyak cara untuk mengatasi kesedihan berubah menajdi bahagia.

Baca juga: Segera Urus Surat Ini Jika Ingin Bepergian Selama Larangan Mudik Lebaran 2021, ini Syaratnya

Menurut dua dosen Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran sekaligus tim Pusat Konseling Unpad, yaitu Dhini Andriani, M.Psi dan Tiara Ratih Purboningsih, M.Psi, ada beberapa cara membahagiakan diri.

Kedua psikolog, seperti dilansir pada laman resmi Universitas Padjadjaran (Unpad), Jumat (22/5/2020), memberikan tips untuk mengatasi kesedihan sekaligus menjadikan kita lebih produktif, tetap dekat dengan orang-orang tersayang, dan tetap bahagia.

Ada 7 tips
1. Video call
Pertama yang bisa dilakukan untuk melepas kangen dengan keluarga dengan membuat janji untuk video call. Ini bisa dilakukan bersama orangtua, keluarga maupun sahabat di kampung halaman.

Sebaiknya dokumentasikan saat kita video call Lebaran. Tujuannya tentu sebagai kenang-kenangan di masa mendatang.

Baca juga: Cari Solusi Bahas Wacana Mudik Antar Wilayah di Sumsel, Ditlantas Polda Sumsel Rapat Lintas Sektoral

2. Rajin berolahraga
Cara lain dan murah ialah berolahraga di rumah ataupun indekos. Pagi hari sambil mendapatkan matahari kita olahraga. Atau jika tidak suka keluar ruangan, banyak video di youtube yang dapat kita ikuti untuk berolahraga di ruang terbatas dan tanpa alat.

Mengapa berolahraga? Karena olahraga diketahui meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh kita. Hormon ini adalah satu hormon yang berasosiasi dengan kebahagiaan.

Halaman
12
Editor: Hanafijal
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved