Breaking News:

IDI Khawatir Tentang Kelonggaran Boleh Mudik dalam Sumsel, Palembang Ini Zona Merah

Walaupun Pemerintah Provinsi Sumsel tak melarang warga Sumsel untuk melakukan mudik antar kota/kabupaten di Sumsel

tribunsumsel.com/khoiril
ilustrasi mudik lebaran 

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG - Walaupun Pemerintah Provinsi Sumsel tak melarang warga Sumsel untuk melakukan mudik antar kota/kabupaten di Sumsel namun Ketua IDI Kota Palembang, dr Zulkhair Ali menyarakan agar masyarakat bisa menahan diri untuk tak melakukan mudik.

Hal ini dilakukan karena terutama di kota Palembang saat ini dalam zona yang cukup berbahaya, hampir semua kelurahan yang ada di kota Palembang berzona merah.

"Memang pak Gubernur tidak melarang warga mudik ke kabupaten/kota tapi yang kita takutkan kabupaten/kota yang zona merah ini jika melakukan mudik ke zona orange atau hijau akan membawa virus," jelasnya, Rabu (28/4/2021).

Lanjut dia, contoh seperti Palembang kan zona merah. Kalau orang mudik dari zona merah ke zona orange atau hijau artinya berpotensi besar ia akan menularkan.

Begitu juga sebaliknya, jika warga mudik dari zona hijau ke zona merah maka pemudik ini akan terkena atau terpapar virus.

"Karena itu perlu kita sebaiknya membatasi atau melarang kegiatan keluar masuk zona merah seperti yang dilakukan pada awal pandemi dulu," jelas dia.

Artinya juga, lanjut dia pemerintah kota/kabupaten yang zonanya berbahaya membuat semacam larangan atau penyekatan untuk warga agar tidak mudik.

"Walaupun Gubernur tak melarang tapi juga tidak mewajibkan kan. Akan tetapi jika mudik dilengkapi dengan tes antigen, dan lain sebagainya mungkin bisa jadi pertimbangan," ungkap dia.

Akan tetapi, intinya kembali lagi ke pribadi masing-masing. Kesadaran akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat juga harus dilakukan.

"Apalagi kasus terkonfirmasi khususnya di Palembang masih saja terus meningkat. Bahkan PPKM di Palembang diperpanjang juga masih rasanya seperti biasa saja karena banyak warga yang tidak mengerti," ungkap dia.

Yang terpenting, kata Zulkhair terus lakukan dan jalankan protokol kesehatan yang ketat.

Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved