Berita Ogan Ilir

Bikin Akta Kelahiran Bisa di Bidan, Juga Dokumen Administrasi Kependudukan Lain, Ini Syaratnya

Setelah perjanjian kerjasama, kami langsung mensosialisasikan berupa cara penerbitan dokumen kependudukan.

Penulis: Winando Davinchi | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/WINANDO DAVINCHI
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ogan Komering Ilir kembali membuat inovasi melalui layanan Menyapa Masyarakat bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Rabu (3/3/2021) pagi. Nantinya mengurus akta kelahiran dan administrasi lain bisa di bidan. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG - Dinas kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Ogan Komering Ilir kembali membuat inovasi melalui layanan Menyapa Masyarakat bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Rabu (3/3/2021) pagi.

Program tersebut diterapkan guna mempermudah masyarakat Bumi Bende Seguguk untuk mendapatkan dokumen kependudukan seperti Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, dan Kartu Keluarga (KK).

Kepala Disdukcapil Kabupaten OKI Hendri mengatakan sebelumnya pihaknya juga kerjasama dengan Dinas Kesehatan di setiap fasilitas pelayanan kesehatan.

"Jadi ada banyak Fasyankes milik pemerintah seperti RSUD Kayuagung, RS Tugu Jaya, 32 Puskesmas hingga 278 unit Poskesdes yang tersebar di seluruh wilayah OKI,"

"Petugasnya dapat mengakses sistem guna menginput data bayi yang lahir dengan dilengkapi KK orang tua. Data tersebut akan terkoneksi langsung dengan layanan pembuatan akta kelahiran," ujarnya saat dibincangi awak media.

Baca juga: BNN Sumsel Tangkap Mantan Anggota DPRD Aceh, Bawa Sabu 5 Kg Pesanan Warga PALI

Baca juga: Pria di Palembang Tertipu Iklan Lowongan Kerja di Facebook, Uang Rp 9,5 Juta Dilarikan Pemberi Kerja

Dilanjutkan Hendri, selain itu pihaknya juga kembali menggandeng dan bekerjasama dengan IBI Kabupaten OKI.

"Setelah perjanjian kerjasama, kami langsung mensosialisasikan berupa cara penerbitan dokumen kependudukan (NIK, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan KIA) bagi bayi yang baru lahir," katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga dijelaskan terkait kepengurusan yang dapat dibantu langsung oleh bidan yang menangani persalinan kelahiran.

"Dengan melampirkan persyaratan sebagaimana diatur dalam ketentuan, di antaranya KK, Akta Kelahiran, dan foto warna untuk anak usia 5 tahun ke atas sampai kurang dari 17 tahun dapat menghubungi nomor layanan online 0859-2794-1900,"

"Jadi pengurusan dokumen dapat dihandel langsung oleh bidan yang membantu persalinan lahiran," tuturnya.

Selain itu, Bidan tersebut juga yang akan mengambil paket terintegrasi ke Disdukcapil OKI sekaligus akan memberikannya langsung kepada pemohon.

Ikuti Kami di Google Klik

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved