Breaking News:

Lubuklinggau Siap Siaga Menghadapi Banjir dan Karhutla

Selain masalah banjir, Nuryono juga menerangkan, jika presiden telah memerintahkan agar mencari solusi mengenai pencegahan kebakaran hutan.

Humas Kota Lubuklinggau
Lubuklinggau Siap Siaga Menghadapi Banjir dan Karhutla 

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Wakil Wali Kota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar menghadiri apel kesiapsiagaan menghadapi karhutla dan bencana alam di Halaman Mapolres Kota Lubuklinggau, Kamis (25/2).  

Upacara dipimpin Kapolres Lubuklinggau, AKBP Nuryono. Dalam arahannya Kapolres menyampaikan apel kesiapsiagaan menghadapai karhutla dan bencana alam ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Apalagi saat ini, berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, curah hujan terus meningkat. 

Menurutnya, dalam seminggu terakhir, telah sembilan kali terjadi musibah banjir diberbagai provinsi. 

“Khusus di wilayah Kota Lubuklinggau, curah hujan juga masih tinggi dimana debit air sungai meningkat walaupun belum terjadi banjir, tetapi kita selalu siap siaga dalam penanggulan banjir,” ucapnya.

Selain masalah banjir, Nuryono juga menerangkan, jika presiden telah memerintahkan agar mencari solusi mengenai pencegahan kebakaran hutan.

Baca juga: Sekda Lubuklinggau Pimpin Rakor Bersama ATSI dan ASPIMTEL, Terkait Pajak dan Retribusi Daerah

Baca juga: GOW Lubuklinggau Fokus Bantu Pemkot Tangani Covid-19

Presiden ingin memastikan tidak membiarkan titik api menjadi besar dan langkah hukum dilakukan dengan tegas apabila ada pembakaran hutan. 

Sementara terkait fenomena banjir perlu ada keterpaduan semua pihak dimana TNI dan Polri selalu siap sedia. 

Nuryono juga berpesan untuk menangani banjir, semua pihak harus menyiapkan prasarana seperti perahu karet, ambulance, menyediakan pelayanan kesehatan, alat pemadam api dan alat-alat lain untuk penanggulangan bencana.

Kemudian perlu ada sinergitas antar instansi dan selalu sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membakar lahan dan membuang sampah pada tempatnya agar terhindar dari bencana alam.

 “Semoga upaya yang dilakukan ini memberikan berkontribusi positif,” pungkasnya. 

Editor: Slamet Teguh
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved