Breaking News:

Wisata dan Kuliner

Apa Itu Ngeliwet? Nasi Liwet Makanan Khas dari Daerah Mana? Ini Sejarah Perkembangannya

Proses ngliwet sendiri merupakan teknik memasak nasi dengan cara mencampur beras dan air, bisa air putih ataupun air santan, dalam satu tempat khusus

Kompas.com/ M Irzal
Nasi liwet disajikan dengan beragam lauk seperti daging ayam, sayur labu siam, telur, dan kerupuk. 

TRIBUNSUMSEL.COM-"Ngeliwet yuk," istilah ini kerap terdengar diantara obrolan anak muda hingga ibu-ibu. Apa itu ngeliwet? Apa pula itu nasi liwet? Istilah yang dalam dua tahun ini semakin populer di masyarakat.

“Ya, liwet atau ngliwet merupakan cara memasak bukan merupakan sebuah produk. Kalau namanya nasi liwet, berarti nasi yang menggunakan proses liwet, lazimnya di daerah barat Indonesia, Pulau Sumatera dan Jawa,” kata Murdijati Gardjito ahli gastronomi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dikutip dari KompasTravel, Kamis (8/6/2017).

Indonesia memang kaya dengan kulinernya. Termasuk untuk olahan nasi.

Sebagian besar daerah di Sumatera dan Jawa mengolah nasinya dengan cara diliwet, seperti nasi lemak di Sumatera, nasi uduk di Jakarta, nasi wuduk di Jawa Tengah dan Jawa Timur, termasuk nasi liwet solo.

Sedangkan nasi liwet solo dan nasi liwet sunda merupakan produk nasi yang diolah dengan cara liwet yang berasal dari kedua daerah tersebut.

“Ngliwet bagi masyarakat Jawa adalah suatu cara kebiasaan mengolah atau memasak beras yang cukup 'tua' usianya. Bahkan dikatakan yang paling sederhana, dan pada saat mulai ditemukan alat yang namanya 'ketel' media dari bahan besi atau perunggu 'ngliwet' hasilnya menjadi lebih sempurna,” ujar Prapto, Dosen Sastra Universitas Indonesia kepada KompasTravel, Jumat (9/6/2017).

Proses ngliwet sendiri merupakan teknik memasak nasi dengan cara mencampur beras dan air, bisa air putih ataupun air santan, dalam satu tempat khusus.

Tempat tersebut bisa ketel, kastrol, atau dandang dan dimasak di sana hingga matang, sama seperti prinsip rice cooker di zaman modern.

Namun, ngliwet juga identik dengan memasukkan bumbu seperti daun salam dan garam ke nasi dan air yang sedang dimasak.

Bahkan ngliwet di Sunda juga memasukkan lauk seperti ikan asin ke dalamnya.

Halaman
123
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved