Breaking News:

Berita Prabumulih

Kajari Prabumulih Bakal Siarkan Langsung Sidang Putusan Rivat, Ini Tujuannya

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Prabumulih, Topik Gunawan SH MH menegaskan akan

TRIBUNSUMSEL.COM/EDISON
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Prabumulih, Topik Gunawan SH MH menegaskan akan menyiarkan secara langsung sidang putusan kasus menonjol satu diantaranya kasus Rivat, Minggu (21/02/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Sidang vonis perkara pidana pembunuhan terhadap Ario Fernando di room 3 Diva Karaoke Family pada Rabu (25/11/2020) dengan terdakwa Rivat Eka Putra, rencananya akan disiarkan secara live (langsung) oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Prabumulih.

Sidang kasus yang menghebohkan masyarakat kota Prabumulih itu rencananya akan digelar pada Rabu (03/03/2021) mendatang.

"Sidang pembacaan putusan perkara dengan tersangka Rivat akan kita siarkan secara live di Youtube dan Facebook Kejari Prabumulih," ungkap Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Prabumulih, Topik Gunawan SH MH kepada wartawan ketika dikonfirmasi via Whatsapp, Minggu (21/02/2021).

Tidak hanya perkara pembunuhan itu, namun kejakasaan Prabumulih juga kata Topik akan menggelar secara live (langsung) sidang perkara menonjol atau yang menjadi perhatian masyarakat yang disidangkan.

Baca juga: Dewan dan Warga Sebut Ridho-Fikri Masih Ada PR Pelebaran Jalan Dusun Prabumulih

"Jadi rencana kita awal Maret ini perkara-perkara menonjol disidangkan akan kita siarkan secara langsung tapi yang menonjol saja," katanya.

Untuk rencana itu, Kajari menjelaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pengadilan Negeri (PN) Kelas IIB Prabumulih dan juga telah menyiapkan akun meeting yang pro.

"Saya sudah bersurat ke PN selaku penyelenggara sidang, secara informal pihak PN setuju dan mendukung namun secara formal kita belum terima dari pihak PN. Kita juga telah mensosialisasikan rencana ini kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) agar mereka lebih hati-hati karena dilihat langsung oleh masyarakat," jelasnya.

Pria asal Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah ini menjelaskan, penyiaran sidang secara langsung itu bertujuan agar masyarakat mendapatkan informasi terkait perkembangan perkara yang sedang ditangani kejaksaan negeri Prabumulih.

Baca juga: Wawako Prabumulih Tegaskan Akan Langsung Copot Kepala OPD Jika Ada Pungli Warga

Selain itu rencana penyiaran secara langsung tersebut sebagai salah satu upaya mendukung dan menerapkan protokol kesehatan kepada masyarakat.

"Jadi masyarakat tidak perlu ke pengadilan, cukup menyaksikan melalui smartphone, mengantisipasi penyebaran covid dan ini juga sebagai wujud keterbukaan informasi, semua masyarakat dapat menyaksikan langsung proses hukum yang tengah ditangani," tambahnya. 

Penulis: Edison
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved