Breaking News:

Apa Itu OPM, TPN dan KKB ? Ini Perbedaannya, Satu Anggota TNI Gugur Usai Kontak Tembak di Papua

Apa Itu TPN OPM dan KKB? Apa Perbedaannya, Satu Anggota TNI Gugur Usai Kontak Tembak di Papua

Tribunsumsel.com
Apa Itu TPN OPM dan KKB? Apa Perbedaannya, Satu Anggota TNI Gugur Usai Kontak Tembak di Papua 

TRIBUNSUMSEL.COM -  Belakangan, aksi penembakan oleh kelompok kembali marak dengan korban jiwa dari aparat keamanan. Satu anggota TNI gugur setelah kontak tembak di Papua

Polri menyebut mereka sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Istilah tersebut mendefinisikan masalah keamanan di Papua disebabkan adanya organisasi yang melanggar hukum pidana (kriminal) dengan memiliki dan menggunakan senjata secara ilegal atau Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka atau (TPN OPM)

Artinya anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM )disamakan dengan preman pasar, begal motor, perampok bank, dan penjahat lain yang memakai senjata tajam dan senjata api dalam melakukan aksinya.

Lantas Apa Itu TPN OPM & KKB?, Apa Perbedaannya?

Melansir dari Wikipedia Organisasi Papua Merdeka (disingkat OPM) adalah organisasi yang didirikan pada tahun 1965 untuk mengakhiri pemerintahan provinsi Papua dan Papua Barat yang saat ini di Indonesia, yang sebelumnya dikenal sebagai Irian Jaya, dan untuk memisahkan diri dari Indonesia.

Gerakan ini dilarang di Indonesia, dan memicu untuk terjadinya kemerdekaan bagi provinsi tersebut yang berakibat tuduhan pengkhianatan.

Sejak awal OPM telah menempuh jalur dialog diplomatik, melakukan upacara pengibaran bendera Bintang Kejora, dan dilakukan aksi militan sebagai bagian dari konflik Papua.

Baca juga: Cegat Mobil Plat Putih di Depan Polsek Penukal Utara PALI, Ditemukan Sabu Disembunyikan di Ban Serep

Baca juga: Dituding Terima Uang untuk Konten Settingan, Dayana Ngamuk, Fiki Naki Bongkar Fakta Mengejutkan

Pendukung secara rutin menampilkan bendera Bintang Kejora dan simbol lain dari kesatuan Papua, seperti lagu kebangsaan "Hai Tanahku Papua" dan lambang negara, yang telah diadopsi pada periode 1961 sampai pemerintahan Indonesia dimulai pada Mei 1963 di bawah Perjanjian New York.

Sejatinya, keberadaan KKB atau yang dikenal sebagai Tentara Pertahanan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) merupakan bagian dari dinamika pembangunan di Papua.

Eksistensi TPN-OPM yang disebut aparat keamanan sebagai KKB ini dimulai pada 1963. Saat itu, organisasi tersebut dipimpin Seth Jafeth Roemkorem dan Jacob Hendrik Prai.

Halaman
12
Penulis: Abu Hurairah
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved