Obat yang Harus Disediakan Saat Terpapar Covid-19 Namun Menjalani Isolasi Mandiri di Rumah

Obat yang Harus Disediakan Saat Terpapar Covid-19 dan Menjalani Isolasi Mandiri di Rumah

Editor: Slamet Teguh
Instagram @fery.fartati
Mengobati rindu, sang istri Fery Farhati mengajak anaknya menjenguk Anies Baswedan di rumah dinas, Kamis (17/12/2020) (ILUSTRASI) 

TRIBUNSUMSEL.COM - Pandemi Covid-19 masih terus terjadi di Indonesia.

Ribuan orang tiap harinya terpapar virus corona.

Karena jumlah kamar di rumah sakit yang tak cukup menampung para pasien ini, membuat sebagian orang harus menjalani isolasi di rumah.

Lantas obat apa saja yang harus disediakan selama isolasi mandiri?

Pada 12 Januari 2021 lalu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta, warga yang positif Covid-19 namun tidak bergejala demam dan sesak untuk tidak ke rumah sakit, tetapi melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Tolong bapak ibu. Kalau misalnya bapak ibu tidak demam, dan tidak sesak nafas itu masih bisa dilakukan isolasi mandiri. Kalau bapak ibu punya rumah sendiri, punya kamar sendiri lakukan di rumah dan di kamar," katanya dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, (11/1/2021).

Meski tak bergejala atau hanya merasakan gejala ringan, selama masa isolasi mandiri, masyarakat tetap disarankan menjaga kondisi kesehatan.

Koma di Rumah Sakit Setahun, Saat Sadar Pria Ini Syok Keluarganya Telah Meninggal karena Covid-19

Penjelasan Jubir Luhut Binsar Soal Ada 2 Juta Data Covid-19 yang Belum Terlaporkan ke Laboratorium

Lantas, apakah ada obat yang harus dibeli?

Meskipun seseorang dapat dengan mudah mengelola gejala di rumah, meminta nasihat dokter akan berguna untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak.

Jika sudah minum obat apa pun untuk suatu penyakit, lanjutkan melakukannya, setelah memberi tahu dokter.

Meskipun tidak ada obat yang secara aktif 'mencegah' Covid-19, dokter biasanya meresepkan obat anti-inflamasi atau antivirus untuk hal yang sama.

Tetapi karena banyak di antaranya adalah obat resep dan memiliki khasiat yang kuat, obat ini hanya boleh digunakan setelah berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, suplemen obat-obatan, seperti vitamin C, zinc dapat bekerja untuk meningkatkan kekebalan dan menjaga kesehatan tubuh.

Mereka mungkin tidak membantu melawan Covid-19 secara langsung, tetapi penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin-vitamin di atas dapat memperburuk keadaan bagi mereka yang kekurangan mineral dan nutrisi penting ini.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved