Breaking News:

Menjaga Tubuh Ideal

Resep Bikin Tubuh Langsing, Cobalah Diet Putus Cinta

Kamu mungkin pernah mendengar istilah heartbreak diet atau diet putus cinta, yang dimanfaatkan sebagian orang untuk memiliki tubuh ideal.

SHUTTERSTOCK
ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM--Biasanya, orang yang putus cinta akan membuat sebagian mengalami stres berat yang berdampak pada penurunan berat badan. Tetapi ada beberapa trik agar hal itu tidak terjadi pada diri kamu.

Rahasia itu diungkapkan oleh Psikolog dari New York yang juga pakar stres, Dr Dan Guerra dan Dr Dana Gionta, yang menulis "From Stressed to Centered: A Practical Guide to a Healthier and Happier You".

Di dalamnya, mereka menuliskan fakta bahwa beberapa orang mengalami penurunan berat badan ketika stres, meskipun sebagian lainnya mengalami kenaikan berat badan.

"Ini berhubungan dengan metabolisme tubuh yang berbeda pada setiap individu dan juga berkaitan dengan bagaimana diri kita memproses stres secara psikologis," kata Guerra, seperti dilansir Verywell Fit.

Baca juga: TERBONGKAR Khasiat Rebusan Daun Salam Selain untuk Masak, Bisa Untuk Diet Sehat, Ini Caranya

Mengapa sebagian orang bisa mengalami penurunan berat badan setelah putus cinta? Gionta menjelaskan, kesedihan dan depresi dapat memperlambat metabolisme tubuh seseorang, sehingga kebutuhan makan orang tersebut menjadi lebih sedikit.

Selain itu, tingkat kecemasan yang dialami sejumlah orang setelah putus cinta dapat meningkat secara signifikan dan membuat tumbuh menunjukkan sejumlah gejala, terutama pada sistem pencernaan, endokrin dan kardiovaskular.

Baik Gionta maupun Guerra mengatakan bahwa perubahan fisik dan psikologis yang terjadi pada seseorang ketika mengalami momen putus cinta, bisa dengan mudah mengubah pola makannya, seperti napsu makan berkurang atau bahkan menghindari makan sama sekali. Namun, kondisi ini bisa menjadi baik maupun buruk.

Kamu mungkin pernah mendengar istilah heartbreak diet atau diet putus cinta, yang dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk memiliki tubuh yang lebih ideal. Namun, bisakah pola tersebut dipertahankan?

Baca juga: Cara Ampuh Untuk Diet, Tak Hanya Fokus Pola Makan, Minuman ini Juga Bisa Turunkan Berat Bedan

Tentu saja bisa, tetapi bergantung pada sejumlah faktor, termasuk kesehatan dan perasaan orang yang bersangkutan terhadap berat badannya.

Gionta menjelaskan, jika sebelum putus kamu sedang ingin menurunkan berat badan dan putus cinta membuatmu benar-benar menjadi langsing, kamu mungkin terotivasi untuk mempertahankan gaya hidup yang membuatmu langsing.

Halaman
123
Editor: Hanafijal
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved